in

Layani Puluhan Rumah Sakit, UDD PMI Padang Minimal Butuh 1.000 Kantong Darah Per Hari

Ratusan karyawan Semen Padang Group mendonorkan darahnya di GSG, Selasa (17/10).

PADEK.CO—Peningkatan kebutuhan darah sangat kontras dengan ketersediaan stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Padang, Sumatera Barat. Dalam sehari kebutuhan darah di rumah sakit sekitar 200 kantong. UDD Kota Padang melayani kebutuhan darah untuk 30 rumah sakit di Kota Padang, dan puluhan RS lainnya seantero Sumbar.

“Orang sakit itu bertambah banyak, dan butuh darah yang banyak pula. Bahkan, sehari itu kebutuhan darah di rumah sakit ada sekitar 200 kantong. Sementara stok darah kita di UDD tidak aman. Kalau stok darah aman, minimal per hari itu ada 1.000 kantong. Nah, sekarang ini stok darah kita rata-rata per hari itu di bawah 1.000 kantong,” kata Kepala UDD PMI Kota Padang, dr Widyarman, Rabu (18/10).

Dokter Widyarman mengapresiasi kegiatan donor darah yang rutin dilakukan PT Semen Padang, Selasa lalu itu. Sangat besar manfaatnya bagi UDD PMI Kota Padang, di tengah meningkatnya kebutuhan darah di rumah sakit.

UDD Kota Padang, katanya, saat ini melayani kebutuhan darah untuk 30 rumah sakit di Kota Padang dan sekitarnya, termasuk melayani rumah sakit yang ada di luar Kota Padang. Karena, di Sumbar ini tidak semua daerah yang memiliki layanan Unit Donor Darah.

“Makanya, donor darah rutin Semen Padang ini sangat besar manfaatnya buat kami. Dan, tentunya ini adalah kontribusi sosial yang sangat luar biasa sekali. Mudah-mudahan, Semen Padang ini bisa menjadi contoh bagi perusaan lainnya di Kota Padang. Apalagi, manfaat donor darah itu sangat banyak. Selain menolong sesama, juga untuk kesehatan kita,” ujarnya.

Senada, Ketua Bidang Pelayan PMI Kota Padang, Ramli Parma yang hadir pada kegiatan donor darah PT Semen Padang Group Selasa (17/10), mengharapkan Semen Padang terus menjadi perusahaan yang rutin menggelar kegiatan donor darah.

Bahkan, kata dia, bisa dikatakan bahwa di Kota Padang ini, hanya PT Semen Padang satu-satunya perusahaan yang rutin 6 kali setahun menggelar donor darah.

“Kalau perusahaan lain, mungkin hanya 1 sampai 2 setahun mengadakan kegiatan donor darah, dan itu hanya pada momen-momen tertentu. Makanya, kami di PMI Kota Padang sangat berterima kasih kepada Semen Padang. Kami pun berharap, perusahaan lainnya di Padang juga dapat mencontoh apa yang dilakukan Semen Padang ini,” kata Ramli.

Sementara itu, Ketua Umum SPSP Faisal Arif mengatakan bahwa, donor darah digelar untuk mendukung program rutin perusahaan. Kegiatan donor darah ini bertujuan untuk menampung karyawan Semen Padang Group dan masyarakat lingkungan, supaya mereka tidak perlu jauh-jauh mendonorkan darahnya ke UDD PMI Kota Padang.

“Pada donor darah ini, kami menargetkan sebanyak 300 kantong darah. Alhamdulillah, jumlah yang terkumpul ternyata jauh melebihi target, yakni 349 kantong. Dan, tentunya jumlah ini tidak terlepas dari banyaknya karyawan Semen Padang Group yang menjadi pendonor rutin. Bahkan, ada yang lebih dari 50 kali,” kata Faisal Arif. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Andre Rosiade Dukung Pratama Arhan Tetap Main di Luar Negeri

Ajak Semua Jaga Keamanan Pemilu 2024