in

Lestarikan Alam untuk Kehidupan Lebih Baik, PLN Selamatkan Ekosistem Bawah Laut di 17 Provinsi

Jakarta, 5 Juli 2022 – PT PLN (Persero) dalam wujud komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) tak hanya memberikan pendampingan ekonomi bagi masyarakat saja tetapi sekaligus mengajak masyarakat berperan aktif dalam pengelolaan dan konservasi lingkungan laut.

Sejak 2019, PLN sudah melakukan program konservasi lingkungan laut di 17 provinsi di Indonesia. Program ini melibatkan lebih dari 1.700 masyarakat dari program pelestarian lingkungan ini.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan langkah yang dilakukan PLN dalam pengelolaan lingkungan laut ini sejalan dengan prinsip SDG’s. Sebagai Badan Usaha Milik Negara, PLN ingin kehadiran korporat juga memberikan dampak bagi keberlangsungan lingkungan sekitar.

“Ini merupakan implementasi dari transformasi PLN yang Green dan Lean. Kami melibatkan masyarakat untuk bisa turut aktif dalam pelestarian ekosistem laut dan pesisir sehingga bisa memberikan dampak perekonomian ke masyarakat,” ujar Darmawan.

Sejak 2019 hingga Mei 2022 PLN terus mendukung untuk program konservasi lingkungan laut ini. Pada 2021 saja, program ini bahkan bisa menyerap sebanyak 628 penerima manfaat.

Pada tahun ini PLN menambah alokasi anggaran untuk melanjutkan program pelestarian ekosistem laut. Program ini akan menyasar 1.100 penerima manfaat.

Harapannya, selain mendapatkan lingkungan yang lebih bersih program ini juga mampu mendorong perekonomian masyarakat pesisir. Targetnya, penyerapan tenaga kerja dari Program Konservasi Lingkungan Laut bertambah 106 orang dengan tambahan 3 UMKM naik kelas pada tahun 2022.

Beberapa program yang akan dijalankan tahun ini di antaranya yaitu program konservasi kawasan dan wisata edukasi penyu, penanaman hutan bakau sekitar Gardu Induk Sambelia, konservasi terumbu karang dan pemeliharaan transplantasi karang bekelanjutan serta rehabilitasi mangrove pantai utara Jawa.

“Program-program ini tentu akan terus dilakukan oleh PLN karena manfaatnya telah dirasakan masyarakat. Tak hanya menjaga ekosistem laut, tapi juga turut mendongkrak kesejahteraan warga sekitar,” tutup Darmawan.Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.(*)

What do you think?

Written by virgo

Tekan Bel Untuk Penjaga Malam

Kunjungi Pasar Peterongan, Presiden Bagikan Bansos dan Tinjau Harga Kebutuhan Pokok