in

Letda Huda, Anak Petani Peraih Adhi Makayasa TNI AL

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik 729 Calon Praja Remaja (Capaja) TNIPolri menjadi perwira remaja (Paja). Pada pelantikan ini, Presiden juga menganugerahkan bintang Adhi Makayasa kepada empat Capaja dari TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU) dan Kepolisian RI (Polri). Bintang Adhi Makayasa ini adalah penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Kepolisian.

Penghargaan itu diberikan kepada mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik. Prestasi ini dilihat dari tiga aspek, yaitu akademis, jasmani, dan kepribadian (mental). Para perwira remaja yang menerima bintang Adhi Makayasa itu di antaranya Letnan Dua Inf Wirasawanrill Sagala (Akmil/TNI AD). Dia adalah anak dari pasangan Burhan Sagala dan Afrida Matanar, PNS di Pemda Dairi, Sumut. Selanjutnya, Letnan Dua Tehnik Samsul Huda (TNI AL), putra dari Bapak Slamet dan Ibu Srikanah. Orangtua Letda Huda adalah seorang petani di Dusun Tutup, Desa Sidodowo, RT. 06 RW. 02 Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Setelah itu, Letnan Dua Elektro Bernardinus Yoga Kristian (Adhi Msksyada TNI AU). Yoga adalah anak dari pasangan Yunianto (petani) dan Chatarina Suharyanti (PNS) dari Kedon, RT 03 Sumbermulyo Bambang Lipuro, Kabupaten Bantul DIY. Terakhir, penerima Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian adalah Inspektur Dua Polidi Ade Hertiawan Yuliansyah. Ade adalah anak dari pasangan Herlan dan Rosmawariah asal Jalan Brigjen Katamso No. 191 Delta Pawan Ketapang, Kalimantan Barat.

Dari empat perwira remaja yang mendapatkan bintang Adhi Makayasa itu ada satu nama yang special yakni Letda Tehnik Samsul Huda yang menjadi lulusan terbaik meski dari kalangan petani. “Ketika menjalani pendidikan memang saya sempet minder, berkecil hati melihat keluarga temen yang latar belakangnya jauh dari kami. Namun lewat dorongan dan motivasi dari orang tua, teman-teman saya akhirnya masalah tersebut bisa saya lewati dan saya niatkan jalani pendidikan dengan baik,” kata Letda Huda saat diwawancarai usai pelantikan.

Ia pun mengaku senang mendapatkan bintang Adhi Mskayasa sebagai lulusan terbaik TNI AL. “Saya awalnya tidak menyangka dan kaget setelah dianugerahi Adhi Makayasa ini . Karena memang pada awalnya saya tidak menargetkan hal tersebut. Jadi, setiap kali ada kegiatan yang dilakukan oleh angkatan laut memang saya ikuti dengan baik sehingga saat dimusyawarahkan saya mendapat yang terbaik,” ucap Letda Huda.

What do you think?

Written by virgo

Pria Panik Setelah Melihat Saldo Rekening Pribadinya Terisi Rp2,7 Triliun

Reza Rahadian ngebet gabung dalam film Jay Subyakto