in

Lifting Minyak RI Tak Capai Target APBN 2023

JAKARTA, METRO–Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat realisasi lifting minyak sepanjang tahun 2023 sebesar 605,5 Million Barrel Oil Per Day (MBOPD). Angka tersebut tercatat 92 persen dari target APBN yang ditetapkan sebesar 660 MBOPD dan tidak mencapai target WP&B sebesar 621 BOPD atau 98 persen.

Kepala SKK Migas Dwi Sutjipto mengatakan, lifting minyak juga masih berada di bawah realisasi tahun 2022 yang tercatat sebesar 612,3 MBOPD atau mengalami penurunan sebesar 1 persen. “Lifting minyak memang masih di bawah tahun lalu 605 MBOPD,” kata Dwi Sutjipto dalam konferensi pers Capaian Kinerja Hulu Migas Tahun 2023 di Gedung Wisma Mulia Jakarta, Jumat (12/1).

Dwi menyebutkan bahwa SKK Migas telah berhasil memperkecil penurunan lifting minyak pada tahun ini. Secara angka, bisa diperkecil menjadi 1 persen dari sebelumnya 47 persen.

Atas hal itu, Dwi optimistis bahwa penurunan lifting minyak akan terus bisa dikurangi pada tahun ini. “Namun penurunan kita, bisa kita perkecil dibandingkan tahun sebelumnya Jadi kalau tahun lalu (2022) turunnya 7 persen, tahun 2023 tinggal 1 persen. Mudah-mudahan akan bisa kita kurangi, dan kalau bisa tahun depan juga sudah benar-benar tidak ada declaire,” jelasnya.

Berbeda dari lifting minyak, Dwi menjelaskan lifting atau salur gas sepanjang 2023 tercatat mengalami kenaikan sebesar 2 persen dibandingkan dengan realisasi tahun 2022. Pada tahun lalu, tercatat salur gas naik 1 persen menjadi 5.378 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Jumlah tersebut, tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan salur gas sebesar 5.347 MMSCFD pada tahun 2022. Meski begitu, dilihat dari target APBN dan WP&B, salur gas masih belum mencapai target.

Kendati begitu, Dwi optimistis bahwa pada tahun 2024 ini, salur gas bisa terus mempertahankan kenaikan. Terlebih, saat ini sudah beroperasi Tangguh Train 3 di Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat.

“Untuk gas sudah bisa online dan insya Allah akan incline lagi di tahun 2024 setelah Tangguh Train 3 akan jalan lebih baik lagi selama 1 tahun, kalau tahun lalu Train 3 hanya jalan sebentar,” tandasnya.(jpc)

What do you think?

Written by virgo

Pertamina EP Adera Field Sigap Tangani Kebocoran Pipa di Benuang

Seskab Pramono Anung Hadiri Perayaan Natal Lembaga Kepresidenan