in

Lima Fakta Unik Media Massa di Masa Lalu

Perlu diketahui bahwa media massa itu sejak dahulu kala telah menjadi instrumen penting yang sangat berpengaruh bagi masyarakat.

Mungkin sebagian dari kita menyangka kalau baru sekarang ini lah media massa memberikan dampak yang sangat besar bagi masyarakat. Jika anda berpikir seperti itu maka pikiran anda itu tidak salah, namun tidak juga semuanya benar.

Perlu diketahui bahwa media massa itu sejak dahulu kala telah menjadi instrumen penting yang sangat berpengaruh bagi masyarakat.

Bedanya sebelum era digital seperti sekarang, orang-orang dulu masih menggunakan media cetak untuk saling berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Berikut lima fakta unik tentang media massa di Indonesia pada masa lalu:

  1. Berbahasa Asing dan Daerah. Sejak kisaran tahun 1800-an muncul media massa cetak di Indonesia dengan menggunakan berbagai bahasa, diantaranya Belanda, Inggris, Jepang, Melayu, Sunda, dan Jawa.
  2. Tulisan Arab dan Aksara Daerah. Sekarang ini hampir sulit menemukan media yang berbahasa Arab atau aksara daerah di Indonesia. Tapi zaman dulu media massa banyak yang menggunakan tulisan Arab dan aksara daerah.
  3. Digolongkan Berdasarkan Kelas. Pada masa penjajahan media massa dibagi berdasarkan kelas atau golongan, diantaranya, media Belanda (orang-orang Eropa), media Tionghoa, dan media pribumi. Hal ini mengikuti pembagian kelas pemerintah Belada.
  4. Dijadikan Alat Propaganda. Masyarakat pribumi dan orang-orang yang tidak suka dengan penjajahan menjadikan media massa sebagai alat propaganda, isinya seruan-seruan untuk melawan atau mengkritik pemerintah.
  5. Dibuat oleh organisasi masyarakat. Jika sekarang kita mengetahui bahwa media sosial atau media massa itu dibuat oleh suatu perusahaan dengan tujuan mencari untung yang sebesar-besarnya, berbeda dengan dulu. Dulu kebanyakan media massa diterbitkan oleh organisasi masyarakat, dari berbagai agama, ras dan suku. Sangat sedikit sekali perusahaan yang khusus menerbitkan media massa.

Itulah lima fakta unik yang ada pada media massa atau yang kita kenal sekarang dengan media sosial pada zaman penjajahan dulu. Sebenarnya masih banyak fakta-fakta unik lainnya dari masa lalu yang harus kita ketahui. Oleh karena itu tunggu lah tulisan saya selajutnya.

terimakasih, semoga bermanfaat!!

Artikel ini di tulis oleh Hidayat Irvan kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

loading…

What do you think?

Written by Julliana Elora

“Kawasan Puncak Sangat Rawan oleh Gerakan Tanah”

Lereng Cinta , Tempat Yang Seru Untuk Dikunjungi Bersama Pasangan Tercinta