in

Lima Petinggi Unsri, Siap Bersaing di Pemilihan Rektor

(Ilustrasi)

Palembang, BP

Lima Petinggi Universitas Sriwijaya (Unsri) menyatakan siap bersaing dalam kontestasi Pemilihan Rektor Unsri masa kerja 2019-2023. Selain Sang Petahana Prof Dr Ir H Anis Saggaf MSCE, empat dekan di lingkungan Unsri menyatakan siap melalui surat pernyataan siap menjadi calon rektor yang telah diajukan ke Panitia Pemilihan Rektor Unsri.

Keempat nama yang siap melawan petahana adalah M Abu Bakar Siddik ST MEng PhD, Prof Dr Ir Andy Maulana MSc, Prof Dt Ir Amin Rejo MP dan Prof Dr Ishak Iskandar MSc.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unsri Prof Dr Alfitri MSi mengenai Progress Report kandidat bakal calon Rektor Unsri saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Jumat (31/5).

“Sudah ada lima yang mengirimkan surat pernyataan siap menjadi calon rektor Unsri. Karena memang mekanisme saat ini sampai pada fase pengiriman surat pernyataan siap menjadi calon Rektor per tanggal 29 Mei 2019 selambat-lambatnya,”ujar Alfitri.

Alfitri mengatakan lima tersebut merupakan beberapa nama yang masuk dalam tim penjaringan bakal-bakal calon Rektor Unsri yang dilakukan panitia sebelumnya dari 114 nama yang memenuhi syarat. Dari jumlah tersebut, lima diantaranya yang mengajukan surat pernyataan kesediaan menjadi calon rektor Unsri.

Penjaringan 114 nama untuk dilakukan aspirasi melalui login online di website resmi Unsri tersebut mengacu syarat yang dibuat panitia yakni minimal harus bergelar doktor, minimal kepangkatan akademik lektor kepala dan minimal sudah menjabat sebagai ketua jurusan atau setara untuk itu dan usia tidak melebihi 60 tahun pertanggal 19 November 2019.

Kelimanya dari latar belakang dua fakultas teknik, dua fakultas pertanian dan satu fakultas MIPA. Meski ini kali pertama panitia menerima siapapun kandidat bakal calon dari luar Unsri namun kelima kandidat bakal calon semua dari Internal Unsri yang menyatakan kesediaan siap dari surat yang diserahkan ke Sekretariat Panitia.

“Nah sedangkan fase selanjutnya adalah kelima kandidat bakal calon wajib menyerahkan kelengkapan berkas bakal calon yang menjadi syarat menuju penetapan bakal calon paling lambat pada 10 Juni 2019,”jelasnya.

Berkas persyaratan tersebut adalah surat pernyataan kesediaan sebagai Calon Rektor, surat jabatan fungsional terakhir, daftar riwayat hidup, melepas jabatan struktural jika terpilih,  surat keterangan sehat dari RS Muhammad Hoesin sebulan terakhir, surat bebas Narkoba dari BNN Sumatera Selatan dan surat pernyataan bebas plagiat, surat tidak mengundurkan diri sebagai pemilihan rektor dan diserahkan pe panitia Pemilihan Rektor di Sekretariat Gedung Aula KPA Unsri Bukit Palembang.

Fase selanjutnya adalah rapat senat paripurna untuk penetapan bakal calon pada 11 Juni, kemudian sosialisasi balon pada 12-17 Juni dan penyampaian program kerja balon dalam rapat senat terbuka pada 17 Juni.

Sementara Pemilihan tiga calon rektor pada 27 Juni dalam rapat senat terturup, selannutnya pengiriman tiga nama calon rektoe ke Menristek Dikti pada 28 Juni 2019. Sementara penyampaian hasil pada 8 Juli 2019.

“Kami menghimbau kepada kandidat bakal calon, selama proses pemilihan berkompetisi ilegan dan simpatik serta mengedepankan kecendikiawanan dan intelektualitas,”pungkasnya #sug

What do you think?

Written by Julliana Elora

Temuan Arkeologi di Palembang

Kebijakan Ganjil dan Genap Merak-Bakauheni Dicabut