in

Luhut Sebut Pemerintah Bakal Beri Subsidi Motor Listrik Rp 6,5 Juta

JAKARTA, METRO–Pemerintah bakal memberikan subsidi untuk pembelian sepeda motor listrik. Besarnya mencapai Rp 6,5 juta. Subsidi tersebut diberikan dalam upaya menarik minat masyarakat untuk beralih dari mesin BBM menuju mesin yang lebih ramah lingkungan.

“Kalau mau tukar ke motor listrik tahun depan, ya. Motor (listrik, Red) kita lagi finalisasi subsidi. Di Thailand mungkin subsidi Rp 7 juta, di kita mungkin sekitar Rp 6,5 juta,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam sebuah acara perbankan pada Selasa (29/11).

Selain sepeda motor, Luhut mengungkapkan bahwa pemerintah berencana memberikan subsidi pembelian mobil listrik. “Mobil juga kami kasih subsidi karena tidak akan membeli bensin lagi,” lanjutnya.

Dikonfirmasi terpisah, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita tak menampik bahwa ada kemungkinan mobil listrik juga akan menjadi sasaran subsidi. “Kalau ada subsidi dari pemerintah, kalau Kementerian Keuangan mempunyai space fiskal untuk itu, alhamdulillah. Kami tidak bisa banyak bicara dulu sekarang karena kebijakan fiskal ada di Kemenkeu,” ujar Agus saat ditemui di ballroom Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (30/11).

Sementara itu, Ilectra Motor Group (IMG) sebagai pemegang merek motor listrik Alva menyambut baik wacana pemerintah tersebut. “Jadi, kalau dari kami, tentu mendukung regulasi pemerintah. Ini bagus buat industri,” ujar Chief Business Officer IMG Putu Swaditya Yudha.

Meskipun demikian, Putu memaparkan posisi perusahaan saat ini belum dapat bersikap lebih jauh karena keterangan pemerintah mengenai subsidi dikatakan belum diuraikan detail. “Ya, tentu kami dukung,” ucapnya. (jpg)

What do you think?

Written by virgo

KPK Dalami Pejabat Titip Calon Mahasiswa di Unila

Presiden Ungkap Potensi Besar Indonesia untuk Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik