Jakarta (ANTARA) – Marc Marquez menguji tuas rem belakang baru yang disematkan di setang kiri motornya ketika menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Malaysia, di Sirkuit Sepang, Jumat.
Terdapat dua tuas, satu berwarna perak dan satu berwarna hitam, di setang kiri motor RC213V Marquez hari itu, satu untuk kopling dan lainnya untuk pengereman ban belakang.
“Ini pertama kalinya aku menerima bagian baru itu, tuas rem belakang ditambah kopling. Ini kontak pertama, mencoba untuk memahami apakah ada kemungkinan (dipakai) untuk masa depan,” kata Marquez seperti dilansir laman resmi MotoGP.
Baca juga: Quartararo tercepat di FP2, Yamaha dominasi sesi latihan GP Malaysia
“Cukup menarik dan sulit karena kalian belum terbiasa dengan hal seperti ini. Namun saat ini bagian ini belum siap untuk terus digunakan.”
A second lever was spotted on the left handlebar of @marcmarquez93‘ Honda today… ????
Hear from the World Champion himself just exactly what it is ????️#MalaysianGP ???????? | ????️https://t.co/zIbn9KTK7W
— MotoGP™ ???????? (@MotoGP) November 1, 2019
Marquez hari itu finis keenam tercepat dari gabungan sesi latihan bebas.
Baca juga: Menuju Grand Prix Malaysia, Yamaha berharap tuah Sirkuit Sepang
Sementara itu, Rossi pekan lalu mencoba mengadopsi gaya membalap yang berbeda dengan rem depan baru.
Alhasil, Rossi membawa gaya barunya itu untuk finis di peringkat lima besar di sesi latihan Jumat, di Sepang.
“Hari pertama tak terlalu buruk karena aku memiliki kecepatan yang baik dengan ban balapan dan pada akhirnya aku bisa membuat lap yang bagus dengan ban soft
di peringkat lima besar dan cukup konstan,” kata Rossi.
“Aku juga khawatir soal ban belakang karena balapan sangat panjang, 20 lap. Tapi hari ini latihan yang terlalu bagus, aku cukup kompetitif.
Rossi pun mengomentari gaya baru pebalap yang menggunakan rem model baru di sejumlah balapan terakhir.
“Sepertinya belakangan ini banyak pebalap yang mengerjakan bagian ini dan aku mencoba rem depan yang berbeda, dan sepertinya Marquez hari ini mencoba rem belakang yang berbeda.
Seperti yang dipunyai skuter, kalian punya rem depan dan belakang dan tanpa kopling.
“Mungkin bisa jadi masa depan karena rem belakang bagi motor kami sekarang adalah sangat penting,” kata The Doctor.
Baca juga: Petronas Yamaha SRT gunakan dua mesin Spec-A Yamaha musim depan
Baca juga: Manajer LCR Honda terkesan dengan performa Zarco
Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019