in

Mau Mobil Tidak Cepat Rusak? Ikuti Beberapa Tips Berikut Ini

Mobil yang dipakai setiap hari tentu rentan terjadinya kerusakan apalagi jika kendaraan tidak dirawat dengan cara yang benar tentunya risiko terjadinya kerusakan akan lebih besar. Maka itu lakukanlah perawatan sebagaimana mestinya agar kondisi mobil tetap prima dan risiko terjadi kerusakan bisa lebih kecil. Apalagi merawat kendaraan bukan menjadi hal yang susah karena hanya perlu melakukan pengecekan dan juga penggantian komponen lama ke yang baru dengan rutin. Selain itu, ada juga perawatan yang bisa dilakukan di rumah saja tanpa perlu datang ke bengkel. Berikut ini ada beberapa tips merawat mobil di rumah agar tidak cepat rusak.

Selalu cek kondisi aki dan selalu dipanaskan

Perawatan pertama di rumah yaitu selalu periksa kondisi aki dan selalu panaskan mesin kendaraan. Apalagi bagi mobil yang jarang dikendarai tentunya harus dipanaskan satu sampai dua kali dalam seminggu untuk menjaga kondisi aki. Perlu diketahui bahwa mobil yang tidak terpakai maka daya yang ada pada aki akan berkurang sebesar 3 persen setiap harinya. Pastikan juga saat memanaskan mobil, knalpot tidak mengarah langsung ke dalam rumah karena akan ada asap yang keluar dari mobil ketika baru dipanaskan. Jika memang ada rencana untuk meninggalkan mobil pada waktu yang lama maka bisa mencabut komponen aki agar tidak cepat soak.

Angkat bagian wiper

Selanjutnya jangan membiarkan wiper dalam keadaan tidur dan menempel pada kaca karena akan memberikan beban lebih sehingga fungsinya akan berkurang bahkan bisa cepat rusak. Selain itu jangan biarkan wiper terkena sinar langsung karena bisa membuat kondisi wiper berubah dan tidak maksimal ketika digunakan. Jadi disarankan untuk selalu mengangkat wiper ketika mobil selesai diparkir di dalam mobil, hal ini bisa membuat fungsi wiper tetap normal apalagi ketika turun hujan.

Perhatikan area parkir

Idealnya area parkir mobil dalam keadaan tertutup, sekalipun terbuka tetapi bisa memanfaatkan kanopi untuk menghalangi sinar terkena langsung ke mobil. Sinar yang langsung terkena body mobil maka akan membuatnya cepat pudar dan akan terlihat kusam. Apalagi bukan hanya cat saja bisa pudar tetapi juga area komponen lain yang berasal dari karet seperti wiper atau lis pada kaca. Pastikan juga area parkir aman dan mudah dipantau oleh pemilik, agar lebih aman tidak ada salahnya menambahkan kunci pada setir dan juga alarm agar membuat pemillik tenang saat parkir.

Itulah beberapa perawatan untuk mobil yang bisa dilakukan di rumah saja tanpa perlu ke bengkel apalagi sampai mengeluarkan uang. Setelah tahu cara merawat mobil dengan benar, maka bisa langsung beli mobil baru di SEVA. Ada banyak pilihan model mobil, untuk yang menginginkan mobil terjangkau dengan kabin luas serta fitur yang pas maka bisa pilih Daihatsu Sigra. Untuk harga mobil Sigra tidak perlu dipertanyakan lagi karena paling terjangkau dan bisa dicek dan dibeli langsung di aplikasi SEVA sekarang juga.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tahapan Siklus Daur Hidup Pteridophyta dan Penjelasannya

Tahapan Siklus Daur Hidup Porifera dan Penjelasannya