in

Menaksir pengaruh pencabutan PPKM terhadap gairah kompetisi olahraga

Jakarta (ANTARA) – “Lewat pertimbangan-pertimbangan berdasarkan angka-angka yang ada, maka pada hari ini pemerintah memutuskan mencabut PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat),” kata Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/12).

Dengan demikian, tandas Presiden Jokowi, tak ada lagi pembatasan kerumunan dan pergerakan masyarakat karena di Indonesia sudah tercipta kekebalan komunal yang amat tinggi oleh tingkat vaksinasi COVID-19 yang mencapai 98,5 persen sampai Juli 2022.

Meskipun demikian, Presiden Jokowi meminta “seluruh masyarakat dan komponen bangsa tetap berhati-hati dan waspada.”

Keputusan ini melegakan semua pihak. Ini angin segar untuk menormalisasi kembali aktivitas-aktivitas kehidupan dalam semua matra, ke tingkat seperti sebelum pandemi.

Baca juga: Presiden Jokowi resmi mencabut kebijakan PPKM

Ya semua matra, termasuk dunia olahraga yang dalam tiga tahun terakhir belum sepenuhnya kembali ke level normal, terutama dalam soal tingkat hingar bingar penonton di dalam stadion dan arena olahraga.

Padahal penonton yang memenuhi stadion tak saja menghidupkan suasana kompetisi, namun juga mengisyaratkan kembali pulihnya sektor-sektor lain yang berkaitan langsung dan tidak langsung dengan kompetisi dan olahraga.

Ini karena stadion yang dipenuhi penonton bukan saja menjadi petunjuk untuk normalnya aliran keuangan dari kompetisi olahraga seperti tiket, tetapi juga menjadi pintu untuk ramainya lagi restoran-restoran, toko-toko, dan sebangsanya.

Itu juga menjadi stimulan kepada pengusaha besar dan kecil yang bertautan langsung dan tidak langsung dengan olahraga guna sibuk kembali berproduksi dan berjualan.

Baca juga: Dunia usaha sambut pencabutan PPKM Covid-19

Bayangkan laga-laga sepak bola, bulu tangkis, basket, voli, dan banyak lagi, kini bisa ditonton dalam skala luas di dalam stadion seperti sebelum pandemi COVID-19. Sungguh efeknya akan ke mana-mana.

Ini bukan lagi tentang kemeriahan olahraga dan naiknya kembali adrenalin atlet pada tingkat maksimal sehingga kompetisi menjadi lebih asyik dan dramatis lagi untuk disaksikan, baik langsung maupun tidak langsung.

Ini juga tentang pintu untuk bergairahnya lagi dunia usaha yang berkaitan langsung dan tidak langsung dengan acara-acara olahraga dalam banyak tingkatan, mulai lokal, nasional, sampai internasional.

Konklusi dari semua itu adalah bergeraknya lagi roda ekonomi di banyak sektor dalam skala penuh, setelah selama tiga tahun lumpuh atau setengah hidup gara-gara pergerakan manusia dibatasi demi mencegah penyebaran COVID-19.

Memang kegairahan berekonomi itu sudah terjadi jauh sebelum PPKM dicabut, sejak skala vaksinasi COVID-19 kian luas. Namun sebelum itu kegairahan masih belum berpacu dalam skala penuh.

Baca juga: Mendagri terbitkan instruksi penghentian PPKM
Baca juga: Presiden Jokowi: Pencabutan PPKM dan Perpu Ciptaker tidak terkait

Selanjutnya: Kembali normal

COPYRIGHT © ANTARA 2022

What do you think?

Written by Julliana Elora

Surabaya targetkan raih 150 medali emas di Porprov Jatim VIII 2023

Ramai-ramai terjebak investasi berkedok robot trading