in

Mengenal Tiga Fitur Baru WhatsApp Yang Baru Dirilis

Anda pengguna WhatsApp dan sudah mendapat notifikasi untuk melakukan pembaruan aplikasi? Ketika Anda mematuhi notifikasi ternyata WhatsApp telah menambahkan tiga fitur baru di dalamnya lho.

Fitur pertama adalah Starred Message. Fitur pertama dari tiga fitur baru WhatsApp ini sekilas memang tidak terlalu menghebohkan. Ia hanya menjalankan fungsi sangat simpel yaitu menandai pesan-pesan yang dianggap oleh penggunanya sebagai sebuah pesan yang penting, perlu ditindaklanjuti, atau menarik untuk dibaca pada lain kesempatan.

Starred Message WA

Penggunaan fitur ini mudah koq. Setelah kita menentukan pesan mana yang ingin ditandai, kita cukup klik dan tahan pesan tersebut. Tak lama berselang akan muncul beberapa opsi, termasuk tanda bintang pada sisi atas layar ponsel. Saat si pengguna mengklik bintang, maka pesan tersebut telah selesai ditandai.

Pada lain kesempatan ketika si pengguna berkeinginan melihat kembali pesan-pesan yang telah ditandai dengan bintang tadi, caranya pun tak kalah simpel. Si pengguna bisa men-tap atau klik Chats. Setelah itu mereka perlu men-tap menu berupa tiga titik di sudut kanan atas dan kemudian pilih opsi Starred Messages. Nah, di sana si pengguna bisa melihat pesan-pesan yang sebelumnya sudah ia tandai yang telah siap untuk dibaca ulang.

Fitur berikutnya adalah Rich Preview.

Apakah Anda selaku pengguna aplikasi WA kerap mendapat pesan link atau tautan online? Nah, itulah fungsi fitur kedua di WA ini. Fitur Rich Preview dirancang untuk memberi keterangan yang lebih rinci tentang link online yang disisipkan dalam pesan yang diterima si pengguna.

Ketika terdapat sebuah pesan dengan disertai link atau tautan demikian, fitur ini akan menampilkan alamat laman atau situs sumber tautan beserta dengan catatan singkat mengenai laman tersebut. Penjelasan itu kendati hanya singkat namun masih menyisipkan gambar kecil yang menolong si pengguna untuk memberi info tambahan mengenai data laman atau situs atau blognya. Maksud dari hal tersebut tentu saja untuk memberi kemudahan bagi si pengguna WA dalam hal ini si penerima pesan untuk memutuskan apakah perlu membaca tautan itu atau menundanya. O ya, fitur ini memberi kebebasan bagi pengguna untuk mengaktifkannya atau tidak. Tujuannya untuk membatasi efek kelebihan akses data atau kapasitas memori yang bisa berujung dengan lemahnya proses loading.

Fitur terakhir adalah fitur Direct Share.

Baca Juga: Awas, Kesukaan Update Selebriti Bisa Menghadirkan Virus Ke Smartphonemu!

Fungsinya secara umum adalah demi mempermudah si pengguna dalam membagikan sesuatu melalui media chats yang ada pada WhatsApp.

Maksudnya begini. Sebelumnya jika seorang pengguna ingin membagikan sebuah link atau tautan online pada seseorang lain ia perlu melakukan beberapa langkah. Umumnya ia harus menyalin alamat tautan yang ada terlebih dahulu. Setelah itu ia perlu men-tap Share atau Bagikan dan mencari nama si penerima di daftar Kontak. Setelah proses penyalinan link berhasil, maka barulah hal itu dikirimkan.

Nah, fungsi Direct Share adalah untuk mempersingkat waktu penggunanya. Proses membagikan konten pada aplikasi WA kini dapat lebih dipersingkat lagi jika saja mereka tahu kelebihan dari salah satu fitur baru ini. Adapun yang si pengguna perlu lakukan adalah cukup dengan men-tap konten yang mau dibagikan dan selanjutnya masuk ke aplikasi WA. Segera setelah men-tap nama pada daftar Kontak, maka tautan pun segera terkirim.

Jujur saja, fitur ini sebetulnya sudah banyak pula diterapkan pada beberapa aplikasi instant messaging lainnya. Namun ketika kelebihan ini disertakan dalam WA, tentu akan lebih banyak benefit yang bisa dinikmati si pengguna. Dari sisi ini dan jika dilihat dari sisi kepraktisannya, fitur Direct Share cukup membantu penggunanya.

What do you think?

Written by virgo

Ketahui Dari Awal Inilah Makanan Penyebab Rambut Rontok

Dulu, Orang Aceh Itu Pintar-pintar