in

Menjadi Guru Yang Efektif

Herlina Suryati
Pengawas Sekolah Disdik Tanahdatar

Jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, pendidikan di Indonesia saat ini masih tertinggal. Singapura misalnya, termasuk salah satu dari sekian banyak negara yang pendidikannya terbaik di dunia.

Rata-rata masyarakatnya memiliki keahlian dan berkualitas. Berdasarkan masalah tersebut Indonesia harus mampu meningkatkan mutu pendidikan mencetak manusia yang berkualitas, mandiri, mampu bersaing dengan negara lain.

Guru merupakan agen pembaruan dalam mengubah pola pikir, sikap dan tingkah laku peserta didik menuju kehidupan yang lebih baik, lebih mandiri, serta siap bersaing di era globalisasi. Peran guru di era globalisasi ini sangat membantu perkembangan peserta didik mewujudkan kehidupannya ke arah yang lebih baik.

Dalam dunia pendidikan, guru menjadi terdepan memiliki peran terbesar dalam mendidik dan membelajarkan murid-muridnya sesuai dengan program pemerintah menerapkan merdeka belajar.

Dalam merdeka belajar guru dituntut tidak hanya mampu mengajar dan mengelola kegiatan di kelas secara efektif, namun juga membangun hubungan efektif kepada peserta didik dan komunitas sekolah. Bagaimana menjadi guru efektif?

Senang mengajar

Mengajar merupakan bagian aktivitas yang pasti dilakukan guru selama profesi guru melekat pada dirinya . Mengajar akan terasa mudah kalau dibuat sederhana dan ringan. Membuat jadi sederhana bukan menurunkan kualitas. Justru membuat langkah lebih sederhana akan lebih efektif.

Untuk mendorong munculnya rasa senang dalam mengajar tidak harus berpayah-payah menjalankannya. Kesenangan biasanya akan diikuti antusiasme dengan munculnya ide-ide kreatif. Mengeluh tidak membuat tugas menjadi ringan atau berkurang. Lebih baik cari sesuatu yang menyenangkan dari tugas itu dan kerjakan dengan sungguh-sungguh.

Siap mengajar

Guru yang tidak siap mengajar, lebih baik tidak masuk kelas. Ketika tidak dalam siap, interaksi bisa berbalik mengacaukan tujuan belajar yang ingin di capai. Sebelum masuk kelas guru tentu sudah menyiapkan skenario terbaik dan memastikan diri sudah siap mengajar. Selama mengajar, terjadi interaksi dengan murid. Dengan dilengkapi daya dukung tujuan belajar yang diinginkan mudah dicapai.

Guru perlu menyiapkan rencana cadangan sebagai antisipasi bila tidak jalan skenario utama. Untuk rencana belajar fleksibel saja. Jangan terpaku!

Menciptakan lingkungan belajar menyenangkan.

Belajar akan lebih efektif apabila lingkungan mendukung. Proses pembelajaran yaitu proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya dalam menerima informasi menjadi pengelaman belajar. Dengan menciptakan suasana ruang belajar yang berbeda, akan menambah kenyamanan dan keamanan dalam belajar.

Lingkungan belajar perlu didesain, sehingga meningkatkan kenyamanan belajar individu-individu yang melakukan kegiatan belajar di lingkungan tersebut. Menciptakan suasana yang menggairahkan akan memacu semangat belajar murid-murid.

Selalu belajar

Guru efektif selalu berusaha mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Belajar sepanjang waktu dapat meningkatkan kompetensi dalam mengembangan profesi sebagai guru, memiliki banyak informasi, banyak menemukan pembelajaran yang beragam sehingga memudahkan guru berinovasi.

Guru yang terus menerus belajar dapat menempatkan dirinya sebagai guru yang profesional dan bermartabat di tengah-tengah perkembangan zaman.

Reflektif

Guru reflektif adalah guru yang bisa melihat dirinya sendiri. Setelah kegiatan pembelajaran dilakukan tidak merasa puas dengan hasil yang didapatkan. Menelaah hasil belajar yang dicapai murid. Sudahkan mengantarkan peserta didik menguasai kompetensi yang diharapkan?.

Guru reflektif selalu melakukan refleksi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran. Setiap kendala dijadikan tantangan untuk memperbaiki kelemahan, terbuka terhadap perubahan dan belajar menerima nilai-nilai baru.

Dampak positif dari sebuah aktifitas yang dilakukan guru dalam membelajarkan murid terasa membahagiakan. Hasilnya tidak datang begitu saja, tetapi berkat sudah berlelah-lelah mengajar dan memberi dampak positif terhadap hasil belajar. Itulah sesungguhnya guru efektif yang menyenangkan.(***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

SMA Negeri 1 Sungayang, Mendulang Emas Bersama Walas

Guru Pencari Perhatian Murid