in

Menkes: Disiplin Protokol Kesehatan serta Testing, Tracing, dan Isolasi Kunci Tekan Penularan COVID-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: Dokumentasi Humas Setkab)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, cara untuk mengatasi pandemi COVID-19 adalah dengan mengurangi laju penularan kasus atau flattening the curve. Hal tersebut sejalan dengan masukan dari para ahli epidemiologi.

“Kita harus mengurangi laju penularan virusnya, sehingga fasilitas kesehatan yang kita miliki tidak terlalu berat bebannya, sehingga kita memiliki waktu yang lebih banyak untuk merespons terhadap virus ini,” ujarnya dalam keterangan pers usai menghadiri rapat yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Selasa (26/01/2021) sore, di Jakarta.

Langkah tersebut penting untuk mengurangi penularan virus secara gradual hingga suatu saat virus tersebut hilang. “Kita bisa secara gradual terus mengurangi penularan virus ini sampai insyaallah suatu saat kita bisa menghilangkannya sama sekali atau mengeradikasi virus ini,” ujarnya.

Budi menegaskan, terdapat dua hal yang harus dilakukan dalam upaya mengurangi laju penularan virus ini. Pertama, disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak). Kemudian yang kedua, melakukan testing, tracing, dan isolasi mandiri.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Penjual Sabu Rumahan Digulung Tim Mata Elang

Fandom K-pop di Indonesia donasikan Rp1,4 milyar untuk korban bencana