in

Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Dimakamkan di TMP Kalibata secara Militer

JAKARTA, METRO–Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta. Tjahjo meninggal Jumat (1/7) pukul 11.10 WIB, setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit tersebut sejak pertengahan Juni.

Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini mengonfirmasi berita duka tersebut. “Bapak Menteri telah dipanggil Allah SWT pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya,” ujar Rini dalam keterangan tertulis, di Jakarta.

Kabar meninggalnya mantan Sekretaris Jenderal PDI-P itu dibenarkan oleh politisi PDI-P, Junimart Girsang. “Saya baru dapat kabar sekitar 2 menit yang lalu, (Thahjo) sudah dipanggil Tuhan. Sekitar 11.20 WIB,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari PDIP Junimart Girsang.

Untuk diketahui, Menpan-RB Tjahjo Kumolo sempat sakit. Politikus senior PDIP itu tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Tjahjo Kumolo tidak dalam kondisi koma saat menjalani perawatan.

“Betul Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo sedang sakit dan dirawat di rumah sakit,” ujar Sekretaris KemenPAN-RB Rini Widyantini kepada wartawan, Jumat (24/6).

Jenazah Dilepas Menkopolhukam

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melepas keberangkatan jenazah Tjahjo Kumolo di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk dimakamkan secara militer.

Sebelum melepas keberangkatan, Mahfud terlebih dahulu menerima jenazah Tjahjo dari pihak keluarga di Masjid Quba, KementerianPAN-RB. Setelah itu, jenazah diberangkatkan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

“Saya Menko Polhukam Mahfud MD mewakili pemerintah dan Tentara Nasional Indonesia menyatakan menerima jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi almarhum Bapak Haji Tjahjo Kumolo,” kata Mahfud.

Kemudian, Mahfud mengatakan jenazah Tjahjo akan dimakamkan secara militer di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. “Dan selanjutnya jenazah almarhum akan saya berangkatkan ke tempat pemakamannya di TMPN Kalibata, Jaksel, untuk dimakamkan secara militer,” ungkapnya.

Setelah jenazah diserahkan, para tentara berbaret merah mengangkat peti jenazah Tjahjo ke dalam mobil jenazah. Sekitar pukul 16.40 WIB, mobil jenazah kemudian bergerak menuju TMP Kalibata. Sejumlah mobil ikut mengiringi mobil jenazah tersebut.

Dimakamkan di TMP Kalibata Secara Militer

Sementara, upacara pemakaman dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Upacara pemakaman tersebut berlangsung sangat sepi, dan hanya beberapa tokoh negara serta para pasukan khusus yang bertugas.

Tangis dari keluarga besar yang hadir juga mewarnai upacara pemakaman tersebut. Kegiatan ini digelar dengan prokes yang ketat. Dalam upacara pemakaman, Pratikno menyampaikan bahwa dirinya mewakili negara, bangsa Indonesia dan keluarga dia resmi melepas kepergian Tjahjo Kumolo. Pada upacara tersebut mewakili Negara dia juga memberikan gelar persada Ibu Pertiwi.

“Saya Pratikno, Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia, atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan gelar persada Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa Almarhum Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” kata Pratikno, Jumat (1/7).

Dalam upacara pemakaman itu, juga disampaikan pembacaan riwayat hidup singkat serta dibacakan juga bintang jasa dan kehormatan yang dimiliki Tjahjo. Kegiatan berlangsung sangat haru dan tangis keluarga semakin terdengar.

“Semoga jalan dharma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka,” lanjut Pratikno. (jpg)

What do you think?

Written by virgo

Kalimat dengan Kata Pasti

Borneo FC kalahkan PSM untuk melaju ke final, bertemu PSS di semifinal