in

Menpora: 87 Medali Emas, Terbanyak Sepanjang Sejarah Indonesia di SEA Games

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Arotedjo menyampaikan terima kasih atas perjuangan kontingen Indonesia yang berhasil menduduki peringkat tiga klasemen akhir SEA Games 2023 Kamboja. Indonesia mengumpulkan 87 medali emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Sedangkan Vietnam menempati peringkat pertama dengan 136 emas, 105 perak, dan 114 perunggu. Lalu peringkat kedua Thailand dengan 108 emas, 96 perak, dan 108 perunggu.

“Indonesia sudah dapat 87 emas. Ini merupakan emas terbanyak sepanjang sejarah SEA Games ketika kita main di luar kandang kita sendiri,” kata Dito seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Hal itu disampaikan Menpora Dito saat menyaksikan pertandingan final tim bulu tangkis Indonesia di Morodok Techo National Stadium Badminton Hall, Selasa (16/5/2023).

Menpora bersyukur kontingen Indonesia mampu melewati target perolehan medali emas yang telah ditetapkan. “Alhamdulillah ini (perolehan medali emas) melesat, melesat ke atas,” jelas Menpora Dito.

Sebelumnya, Menpora Dito menargetkan Indonesia mampu membawa pulang 60 medali emas. Sedangkan Presiden Joko Widodo mengusung target yang lebih tinggi yaitu 69 medali emas.

Kini, target tersebut telah terlampaui dan melesat ke atas. Jumlahnya mencapai 87 medali emas.

Sejumlah cabang olahraga unjuk gigi dalam ajang SEA Games 2023 Kamboja. Misalnya pencak silat, balap sepeda, wushu, dan tenis berhasil keluar menjadi juara umum pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tahun ini. Begitu juga Timnas U-22 Indonesia yang berhasil meraih emas setelah mengalahkan Thailand 5-2.

“Indonesia walaupun diberi tantangan yang berat tapi atlet-atlet kita tetap berjuang meraih medali emas. Ya puas melihat hasil ini. Nah sepak bola kita lihat nanti, kita optimis ini akan buat sejarah bagi Indonesia,” pungkasnya.

Kontingen Indonesia terpacu dan termotivasi, hingga akhirnya mampu meraup 276 medali dengan rincian 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Ini pencapaian SEA Games terbaik dalam enam edisi SEA Games terakhir. Sejak SEA Games 2013, perolehan medali emas Indonesia tak pernah menyentuh angka 80.

Pada SEA Games tahun ini, sebanyak delapan cabang olahraga mencatatkan diri sebagai juara umum. Kedelapannya adalah wushu, pencak silat, balap sepeda, tenis, esports, bulutangkis, voli, dan angkat besi.

Tak hanya itu, cabang olahraga lainnya juga mencetak sejarah, diantaranya hoki dan kriket. Hoki indoor putra dan kriket putri kategori 6s untuk kali pertama meraih emas di ajang pesta olahraga antar bangsa-bangsa Asia Tenggara ini.

Angkat besi juga tak mau tertinggal. Lifter Eko Yuli Wirawan (kelas 61kg), Rizki Juniansyah (73kg), Rahmat Erwin Abdullah (kelas 81kg) mampu memecahkan rekor SEA Games. Timnas basket putri 5×5 mendapatkan emas untuk pertama kalinya.

Sepak bola akhirnya menutup perjuangan manis kontingen Indonesia. Timnas Indonesia mampu mendapatkan emas usai membungkan Thailand 5-2. Emas ini terasa spesial karena sebelumnya Indonesia harus menunggu 32 tahun lamanya.(rel/esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Siagakan Emergency Medical Team untuk Turunkan Angka Kematian Jamaah Haji

Tayang di Bioskop Hari Ini, Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji