in

Menpora sebut persiapan PON 2024 sudah 70 persen

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengatakan persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 sudah mencapai 70 persen.

Hal itu disampaikan Menpora Dito usai menerima laporan dari Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman beserta Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki dan Sekda Sumatera Utara (Sumut) Arief Sudarto Trinugroho di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu.

“Tadi kita sudah dengar apa yang disampaikan. Persiapannya sudah 70 persen. Tinggal lagi nanti yang kurang-kurangnya harus kita carikan solusinya untuk mempercepat,” kata Menpora Dito seperti disiarkan laman resmi Kemenpora RI, Rabu.

Menpora sudah mencatat hal apa saja yang masih dibutuhkan untuk menunjang kesiapan penyelenggaraan PON Aceh-Sumut. Misalnya soal infrastruktur atau pun proses penyelenggaraan nantinya.

Baca juga: DPRA minta pemerintah serius soal pembangunan venue PON Aceh 2024

Ia juga berharap PON 2024 bisa meraih tiga sukses, yaitu di bidang penyelenggaraan, administrasi, dan prestasi.

Menpora menilai komunikasi yang dibangun bersama KONI Pusat beserta Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berjalan dengan baik. Segala kesiapan yang belum terpenuhi akan dicarikan solusi terbaik.

“Pekan Olahraga Nasional tahun 2024 harus sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses administrasi,” kata Menpora.

Alhamdulillah koordinasi KONI Pusat, Aceh dan Sumatera Utara ini sangat baik sekali. Jadi tantangan yang ada ini, saya akan carikan solusi terbaiknya. Saya sudah catat yang kurang-kurangnya dan saya akan laporkan kepada bapak Presiden (Joko Widodo),” katanya menambahkan.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman menyampaikan, seluruh stakeholder yang ada akan bekerja dan memaksimalkan segala persiapan. Prosesnya akan terus dikebut.

“Dengan waktu yang tersedia ini, kita akan optimalkan peningkatan terhadap pembangunan venue, kesiapan penyelenggara. Kita juga akan memberikan informasi kepada cabor untuk memaksimalkan atlet dan bikin rekor,” kata Marciano.

Dalam kesempatan yang sama, Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki merasa optimistis penyelenggaraan PON ke-21 itu akan sukses.

“Kita sudah lapor terkait kesiapan wilayah. Kita juga intens berkomunikasi agar nanti bisa sukses,” ujar Achmad.

Sekda Sumut Arief Sudarto Trinugroho menambahkan, pihaknya berharap hal-hal yang masih dalam pengerjaan bisa segera diselesaikan.

“Ya sejauh ini masih on the track. Hanya saja tadi kami memohon percepatan penyelesaian. Perlu dukungan dari pemerintah pusat,” pungkasnya.

Baca juga: Aceh bertekad masuk sepuluh besar PON Aceh-Sumut

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Roy Rosa Bachtiar
COPYRIGHT © ANTARA 2023

What do you think?

Written by Julliana Elora

Jadi ayah, Marshel Widianto lebih jaga tutur dan perilaku

Tidak semua plastik bisa digunakan ulang