in

Mien R. Uno tuangkan pengalaman hidup delapan dekade lewat buku

Jakarta (ANTARA) – Pakar di bidang etika dan etiket dan pendidikan, Mien R, Uno menuangkan pengalaman yang dimiliknya selama 80 tahun mengarungi beragam zaman dengan tantangan dan persoalan yang berbeda mulai dari dari zaman kolonial, masa kemerdekaan RI, hingga era milenial saat ini dalam sebuah buku berjudul “Dari Kolonial ke Milenial: 80 Tahun Mien R. Uno” yang resmi diluncurkan Kamis (20/5).

Buku ini, seperti dikutip dari siaran pers Gramedia Pustaka Utama pada Jumat, menggambarkan latar belakang keluarga Mien yang kental dengan nuansa pendidikan dan berperan penting menempanya menjadi sosok perempuan tangguh. Segala prestasi yang diraih Mien melalui kerja keras juga digambarkan di sana.

“Perjalanan hidup yang telah saya lalui selama 80 tahun ini merupakan anugerah Tuhan yang sangat besar. Sang Pencipta, Allah SWT, telah memberikan kepada kami kehidupan keluarga yang sehat dan sejahtera dan lingkungan yang baik. Ini semua merupakan nikmat kehidupan yang tiada tara. Buku ini adalah sebuah ungkapan syukur kepada Tuhan dan upaya untuk berbagi pengalaman dan inspirasi kepada masyarakat luas,” kata Mien.

Tak hanya itu, Mien juga menghadirkan buku lainnya, berjudul “Citra Cinta untuk Bu Mien: Mensyukuri Delapan Dekade Mien R. Uno” pada waktu yang sama.

Di dalam buku ini, rekan, sahabat, mitra, dan keluarga terdekat Mien menggali ingatan paling membekas demi menceritakan kembali momen-momen istimewa bersamanya, dari saat perkenalan pertama kali hingga hari ini.

Berbagai pengalaman istimewa yang diceritakan sekaligus mendeskripsikan secara jujur berbagai cuplikan karakter, kepribadian, kebiasaan, prinsip, dan nilai-nilai filosofis yang menjadi jati diri ikonik Mien dalam menjalani kiprahnya sebagai wanita multiperan sedari dahulu hingga kini, baik dalam tataran pribadi, profesional, maupun keluarga.

“Buku ini kami terbitkan sebagai penghargaan kepada Bu Mien yang telah sejak lama dengan semangat membagikan ilmu dan pengalamannya yang dimilikinya lewat buku. Dari suara-suara para sahabat, rekan, kerja, dan keluarga yang dihimpun di buku ini, semua memiliki kesamaan pendapat tentang sosok Bu Mien: sosok yang konsisten memberdayakan masyarakat lewat pendidikan seraya merawat keluarga dan persahabatan serta menyelaraskan nilai-nilai hidupnya dengan penampilannya yang terjaga,” tutur General Manager Gramedia Pustaka Utama, Siti Gretiani.

Mien yang pernah bercita-cita menjadi guru kini dan masih bergiat di dunia pendidikan dan etiket menjabat sebagai Komisaris Lembaga Pendidikan Duta Bangsa dan juga memimpin Mien R. Uno Foundation (MRUF).

Baca juga: Gus Miftah, Ria Ricis dan Mien Uno jadi juri Seleb Bigo Ramadhan

Baca juga: Esha Mahendra berbagi pengalaman hidup lewat buku Bertumbuh Bermimpi

Baca juga: Chef Arnold dan Kaesang Pangarep rilis buku

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

What do you think?

Written by Julliana Elora

Jual Sabu ke Polisi, 2 Sekawan Ditangkap

Kurt Russell siap berbagi cerita kepada pencinta film di Indonesia