in

Miliki Klinik Fisioterapi, Poltekes Siteba Kembangkan Tenaga Profesional

Tak hanya sebagai sebuah kampus yang berbasis pada pelayanan kesehatan Poltekes Siteba Padang memulai terobosan-terobosan unggulan seperti klinik Fisioterapi yang langsung ditangani para dosen dan mahasiswa yang cekatan, Jumat (10/6).

Poltekes Siteba Padang sendiri saat ini memiliki tiga prodi unggulan yang sudah banyak melahirkan lulusan kredibel. Yaitu D3 Kebidanan, D3 Fisioterapi dan D3 Electromedic. Ketiga jurusan merupakan jurusan unggulan yang dimiliki saat ini oleh Poltekes Siteba.

Secara harfiah Fisioterapi adalah tindakan berupa rehabilitasi untuk menghindari atau meminimalkan keterbatasan fisik akibat cedera atau penyakit. Tujuan daru kegiatan fisioterapi adalah mengembalikan fungsi tubuh yang normal setelah terkena penyakit atau cedera. Jika tubuh menderita penyakit atau cedera permanen, fisioterapi dapat dilakukan untuk mengurangi dampaknya.

Direktur Poltekes Siteba Padang Dr.Ir. Ija Darmana, M.T.,IPM mengatakan klinik fisioterapi yang dikelola oleh Poltekes Siteba sudah melayani berbagai kalangan masyarakat termasuk yang tinggal di sekitaran kampus.

Ija mengatakan selain dapat membantu masyarakat sekitar, klinik tersebut juga menjadi sarana sempurna bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah ia pelajari selama dibangku kuliah.

Ija menilai dengan demikian mahasiswa tidak hanya sekadar paham akan teori namun dapat lansung mempraktekan kepada pasien dibawah bimbingan dan pengawasan dosen.

“Bagi para mahasiswa jurusan Fisioterapi klinik ini adalah ajang yang bagus bagi mereka untuk mengembangkan kemampuan dan menambah skill dalam proses perawatan pasien. Dengan demikian para mahasiswa tersebut akan siap terjun kelapangan,” ucapnya.

Selain fisioterapi jurusan electromedic Poltekes Siteba juga menjadi prodi yang siap pakai di lapangan. Ija mengatakan para mahasiswa jurusan electromedik Poltekes siteba sudah banyak dilirik oleh rumah sakit dan puskesmas Se-Indonesia.
Dengan lapangan pendidikan yang masih jarang membuat jurusan tersebut memiliki prospek yang cukup cerah bagi para mahasiswanya.

“Jumlah kampus yang menyediakan prodi electromedic masih bisa dihitung jari dan untuk mencari tenaga pengajar dijurusan tersebut terbilang sulit karena jurusan tersebut masih belum familiar dimasyarakat. Dengan demikian persaingan di dunia kerja juga masih terbuka lebar dibuktikan para lulusan jursan electromedic Poltekes Siteba Padang banyak yang langsung terserap didunia kerja,” ucapnya.

Selain itu Ija mengatakan sebelum dinyatakan lulus para mahasiswa yang berkuliah di Poltekes Siteba Padang akan terlebih dahulu mengikuti uji kompetensi dimasing-masing bidang. Ia mengatakan seluruh jurusan yang ada di Poltekes Siteba akan diuji kredibilitas mahasiswanya sehingga bisa menjamin para lulusan layak untuk diterjunkan dimasyarakat.

“Tahun lalu lebih dari 85% siswa kita lulus dalam ujian kompetensi. Tentunya hal tersebut membuktikan bahwa lulusan kita sudah memiliki kualitas yang semakin meningkat dan layak untuk diterjukan dimasyarakat,” ucapnya.

Dengan keunggulan tersebut Poltekes Siteba sedang merancang untuk peningkatan fasilitas ditiap jurusan. Ija mengatakan saat ini Poltekes Siteba sedang merumbukan untuk menaikan status jurusan dari D3 menjadi D4.

“Saat ini semua persyaratan hampir kita penuhi termasuk untuk akreditasi lembaga dan prodi yang sudah ada saat ini. kini semua prodi yang ada di Poltekes Siteba sudah berakreditasi B dan kedepannya kita kan terus memaksimalkan hingga bisa terwujud menjadi sebuah universitas,” ucapnya.

Tentunya Ija mengatakan seluruh perkembangan yang terjadi di kampus Poltekes Siteba saat ini juga berkat dukungan pendanaan dan moril dari yayasan. Ia mengatakan yayasan memiliki peranan yang fital dalam perkembangan kampus hingga sekarang.

“Kita berharap ke depannya bersama-sama kita semakin meningkatkan kepercayaan dan motivasi diri sehingga dapat mengarahkan para mahasiswa menjadi para lulusan yang berkopeten dan cakap dibidangnya. Kita juga mendorong mereka yang memiliki jiwa kewirausahan untuk terus mengembangkan diri agar dapat membantu masyarakat dengan membuka lapangan kerja,” tukasnya.(cr1)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Masyarakat Bisa Pantau Live Score Peserta Seleksi Catar Kemenkumham

Permudah Komunikasi Jamaah Haji, XL Axiata Sediakan Kartu Perdana Khusus