in

Misteri Tulisan Kuno Yang Paling Terkenal

Pada jaman kuno, orang-orang belum mengenal yang namanya huruf alfabet. Untuk itu, orang-orang jaman dulu sering menulis sesuatu baik pada batu, kulit kayu dengan menggunakan simbol dan teka-teki. Bahkan, alfabet itu sendiri banyak di kembangkan dari beberapa simbol dan juga teka-teki.

Dari dulu, seni memang sudah ada dan melekat pada diri mereka yang berjiwa seni. Pada satu kasus, yakni seni yang berupa tulisan. Pada jaman kunopun, telah mengenal adanya tulisan. Banyak tulisan-tulisan yang telah mereka tinggalkan pada benda-benda di sekeliling mereka. Dan berikut ini adalah misteri tulisan kuno yang paling terkenal.

Sisir Vimose

Berasal dari sekitar tahun 160, sisir Vimose berisi rahasia prasasti didunia. Ditulis dalam aksara Futhark Penatua. Para ahli percaya bahwa sisir ini ditemukan di pulau Denmark Funen yang dulunya milik seorang prajurit. Dimana tentara Skandivanis mengenakan dua sabuk yang ada tasnya, kemungkinan kuat sisir ini di letakkan dalam tas pada sabuk tersebut. Penatua Futhark adalah nama untuk enam huruf pertama alfabet. Sistem ini berada di barat laut Eropa antara abad kedua dan kedelapan.

Tulisan Batu Rok

Pada tahun 1940, arkeolog menemukan tulisan batu Rok di Ostergotland, Swedia. Tercakup dalam 800 sajak, pesan di dalam batu tersebut telah lama menjadi misteri. Para ahli percaya bahwa batu yang berukuran 2,5 meter itu diukir dari batu granit halus yang dibuat pada akhir tahun 800an. Dianggap sebagai karya seni dan sastra, batu dibuat Varin untuk menghormati putranya.analisis mengatakan bahwa prasasti tersebut mengandung teka-teki yang menggambarkan batu itu sendiri. Pesan pada bagian depan membahas cara membaca batu. Sedangkan pesan pada bagian belakang mengacu pada proses ukiran dan alfabet rahasia.

Bracteate Vadstena

Pada tahun 1774, pemburu harta karun menggali medali emas di Vadstena, Swedia. Bracteate vadstena berisi daftar tertua yang paling lengkap dari 24 huruf alfabet Futhark Penatua. Bagian pertama dari tulisan tersebut merupakan sebuah rahasia yang sampai sekarang masih menjadi misteri. Tetapi banyak orang yang percaya bahwa itu adalah kutukan atau mantra sihir. Para ahli menghubungkan dengan ikonografi, yang mencakup hewan berkaki empat, kepala seorang manusia, dan tokoh burung. Banyak yang percaya bahwa bracteate adalah sebuah jimat yang digunakan untuk melindungi pemakainya. 

Tongkat Huruf Odense

Arkeolog menggali sebuah tongkat yang berisi huruf yang dibuat sekitar tahun 800. Tongkat yang terbuat dari 3,3 inch kayu ini dipakai sebagai jimat. Tongkat itu ditemukan di Sildebodoren, dekat Odense. Pada abad ke 11, aksara Latin mulai menggantikan tulisan di Scandivania atas kedatangan agama kristen. 

Amulet

Tahun ini, arkeolog Denmark menemukan sebuah jimat dengan bantalan emas lengkap dengan gambar Odin. Odin adalah dewa perang Skandivania. Digali di pulau Lolland, jimat ini diyakini berusia 1500 tahun. Sejak tahun 1902, hanya ada dua jimat serupa yang ditemukan. Pada jimat tersebut, Odin tampak melayang di atas kuda. Jimat emas ini di temukan di samping potngan emas dan perak. Dimaksudkan untuk korban agar menenangkan para dewa, supaya mereka tidak sampai kelaparan dan gagal panen.

Baca Juga: Misteri Aneh Yang Sulit Terpecahkan Di Dunia Hingga Kini

Batu Ybdy

Baru-baru ini di Denmark di temukan batu bertulis yang telah hilang selama 250 tahun. Terkubur diantara reruntuhan, dan terakhir kali terlihat pada tahun 1767. Artefak tersebut telah dijuluki “Ybdy” berdasarkan prasasti rahasia. Kehadiran batu membuktikan pentingnya bagian barat Limfjord selama jaman Viking. Dan diyakini bahwa batu ini telah dipecah menjadi delapan bagian.

Itulah beberapa misteri tulisan kuno yang paling terkenal.

What do you think?

Written by virgo

Thailand Berharap Penjualan Mobil 2017 Capai 800.000 Unit

Daftar Insentif untuk Pengusaha di Kawasan Industri