in

Motivasi Peneliti Muda Berperan Aktif dalam Pembangunan

Bertepatan hari Sumpah Pemuda, Forum Peneliti Muda Indonesia (ForMIND) mengadakan 3rd Conference of  ForMIND 2016, seminar  bertema “Simultaneos Spirit For Sustaainable Innovation” di Convention Hall Universitas Andalas, Jumat (28/10).

Seminar ForMIND ini sudah digelar  sejak 2014 di Bandung, tahun 2015 di Yogyakarta dan tahun ketiga Universitas Andalas ditunjuk sebagai tempat seminar yang menghadirkan narasumber Prof Dr Nur Indrawaty Lipoeto dari Universitas Andalas,  Dr Ariando (National University of Singapore), Dr Andrivo Rusydi (National University of Singapore) dan Dwi Nita Larasati (Institut Teknologi Bandung).

3rd Conference ForMIND First 2016 yang diselenggarakan sejak pukul 08.30 tersebut merupakan momentum pendeklarasian ForMIND kepada para akademisi dan masyarakat Indonesia. 

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi para peneliti muda Indonesia untuk selalu eksis dan berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Ketua Panitia Pelaksana Dr Fatma Sri Wahyuni, mengatakan pentingnya sinergi dan kontribusi semua bidang ilmu dalam membangun Indonesia secara keberlajutan. “Kerja sama multidisiplin merupakan kunci mencapai kemajuan,” katanya.

Rektor Universitas Andalas  Prof Dr Tafdil Husni mengatakan, dengan digelarnya seminar ForMIND pada Hari Sumpah Pemuda ini, diharapkan menambah semangat pemuda dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya peranan sains, teknologi dan inovasi dalam mencapai kesejahteraan masyarakat dan perkembangan perekonomian secara berkesinambungan.

Dalam melakukan aksinya, tentunya ForMIND tak bekerja sendiri, namun diperlukan pula dukungan dan kontribusi aktif pemerintah dan masyarakat. 
”Tentunya ForMIND akan berinisiatif melakukan komunikasi dan kerja sama riil secara kontinu dengan pemerintah pusat dan daerah, perguruan tinggi, dan komponen bangsa lainnya,” tutur Ketua ForMIND, Dr Acep Furqon.

Menurutnya, dengan empat nilai yang dijunjungnya, yakni kesetaraan, keragaman, kejujuran, dan kebersamaan, ForMIND telah menyatukan seluruh peneliti muda Indonesia dengan berbagai latar belakang untuk bersama-sama berkontribusi memecahkan masalah bangsa. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Merampok di Jalinsum, Kakak-Adik Dibekuk

Kunjungi Sumatera Utara, Ibu Negara Iriana Tinjau PAUD dan Penyuluhan Bahaya Narkoba