in

MoU Semen Padang dan Pemko Solok Manfaatkan Aplikasi Nabuang Sarok

Aplikasi Nabuang Sarok adalah sebuah aplikasi berbasis web milik PT Semen Padang yang diluncurkan pada puncak HUT ke-64 Pengambilalihan PT Semen Padang dari tangan Belanda yang diperingati setiap 5 Juli.

“Untuk Kota Solok ini, kami juga menyediakan aplikasi Nabuang Sarok yang nantinya akan dikelola oleh DLH Kota Solok. Web aplikasinya www.nabuangsarok-sp-kotasolok.com. Aplikasi ini juga memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat yang menyetorkan sampahnya di Nabuang Sarok,” ujar Kadept Perencanaan dan Pengendalian Produksi PT Semen Padang, Juke Ismara, saat kegiatan MoU memanfaatkan aplikasi Nabuang Sarok di Balai Kota Solok, Selasa (13/9/2022).

Juke menyebut tidak semua sampah yang bisa ditabung di aplikasi Nabuang Sarok. Sampah yang bisa ditabung adalah sampah kertas, daun, ranting, sekam padi, tekstil, plastik dan minyak jelantah. Masing-masing sampah yang ditabung ke aplikasi Nabuang Sarok nantinya dikonversi menjadi poin.

Untuk sampah kertas, daun, ranting dan sekam, masing-masing diberikan 3 poin/kg. Kemudian sampah tekstil 4 poin/kg, plastik 5 poin/kg, dan minyak jelantah 6 poin/liter.

“Poin yang didapat nantinya bisa ditukar dengan item reward yang tersedia di aplikasi. Bahkan, reward-nya ada emas batangan,” bebernya.

Namun yang perlu diingat, tambah Juke, adalah sampah yang ditabung ke aplikasi harus kering. Sampah yang tidak kering, tidak akan dicatat di sistem Nabuang Sarok.

“Kemudian, jika jenis sampahnya tercampur, maka akan dimasukkan ke kategori sampah dengan poin terendah,” imbuhnya.

MoU itu diteken oleh Juke Ismara dari PT Semen Padang, dan dari Pemko Solok diwakili Kepala DLH Kota Solok Zulkifli. Disaksikan Wali Kota Solok Zul Efian Umar, Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati, dan Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas DLH Provinsi Sumbar Vianti Zami.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

SD Negeri 04 Padangganting: Gali Informasi dan Potensi Guru Via Media

Pemko Solok Manfaatkan Aplikasi Nabuang Sarok Semen Padang