in

MTsN 2 Kabupaten Solok: Kenalkan Budaya Madrasah Pada Siswa Baru

BEKAL: Para siswa MTsN 2 Kabupaten
Solok mendapatkan pembekalan sebelum
menimba pendidikan.

Dalam rangka pengenalan budaya, kebiasaan, madrasah, fasilitas, ciri khas, nilai, norma, budaya, tata tertib dan karakter yang ada di Madrasah kepada peserta didik baru, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kabupaten Solok gelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama), mulai Rabu (13/7) sampai Jumat (15/7).

“Kami berharap Matsama mampu menumbuhkan kreativitas dan inovasi kepada peserta didik, sehingga mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada peserta didik baru,” ujar Kepala MTsN 2 Kabupaten Solok, Maidison.

Adapun sebanyak 256 siswa baru MTsN 2 Kabupaten Solok yang mengikuti Matsama tahun pelajaran 2022/2023. Ia menyebut, tujuan dilaksanakannya Matsama ini adalah memperkenalkan pada siswa baru tentang lingkungan dan nilai karakter madrasah.

Kemudian juga untuk menumbuhkan kultur dan jiwa bangga sebagai siswa-siswi madrasah, menanamkan dan memperkuat nilai nilai moderasi beragama pada siswa Madrasah.

Materi kegiatan terfokus pada ke-Madrasah-an yang menyangkut pengenalan lingkungan dan budaya madrasah, moderasi beragama, budaya digital pada madrasah. Serta juga mengenalkan pada siswa tentang budaya baru dalam madrasah, yang menitikberatkan pada nilai-nilai keagamaan yang kuat.

Ia berharap, dengan Matsama ini siswa merasa nyaman berada di lingkungan baru dan keluarga baru di madrasah ini. Sehingga memudahkan dalam kegiatan pembelajaran ke depannya.

“Materi dari OSIM, terkait dengan pengenalan berbagai kegiatan yang dikelola oleh OSIM. Seperti ekstrakurikler dan program OSIM yang bertujuan untuk mengasah kemampaun kepemimpinan siswa dalam berorganisasi,” tukasnya.

Sebelumnya, Pembina Organisasi Siswa Madrasah (OSIM) MTsN 2 Solok, Werma Yudha mengungkapkan, para siswa-siswi baru mendapatkan berbagai materi terkait program-program yang dilaksanakan di MTsN 2 Solok.

Yakni, program kesiswaan, kurikulum, Humas, sarana dan prasarana, motivasi belajar, wawasan Adiwiyata, PBB, ekstrakurikuler, serta pengenalan Pramuka.

“Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepda seluruh panitia yang teridiri dari guru, pegawai dan OSIM yang telah bekerja, beraktivitas dan berinteraksi dengan peserta didik baru,” ujarnya.

Sehingga, kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, dan peserta didik baru sudah mengenal program-program MTsN 2 Solok. Kemudian menggali potensi diri, sehingga nantinya para siswa-siswi baru bisa lebih proaktif dan termotivasi untuk mengembangkan potensi diri.

Lalu, Werma Yudha juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta didik baru yang berasal dari dalam dan luar Kabupaten Solok. Yakni agar lebih meningkatkan pola belajar, beribadah dan hubungan sosial dengan lingkungan. Sehingga, selama studi di MTsN 2 Solok.

“Kami sangat berharap dan menanti prestasi-prestasi lahir dari siswa-siswi, seperti yang telah dilakukan oleh para senior-seniornya selama ini. Terutama dalam jargon Madrasah Hebat Bermartabat, Madrasah Mandiri Berprestasi,” tutupnya. (frk)

What do you think?

Written by Julliana Elora

MAN 2 Sijunjung: Miliki Dua Siswa Duta GenRe Tahfiz dan Multitalenta

Sumatera Barat Jadi Provinsi Pertama Luncurkan KTP Digital