in ,

Mudahnya Berbisnis Melalui Komunitas Reseller

Salah satu cara paling mudah untuk memulai bisnis adalah bergabung dengan komunitas reseller. Komunitas ini merupakan kumpulan orang yang sama-sama membeli produk secara grosir dari produsen atau supplier. Selanjutnya mereka menjual kembali produk tersebut kepada konsumen.

Cara bergabung dengan komunitas seperti amat mudah. Biasanya ada banyak pengumuman pendaftaran reseller di media sosial produsen atau supplier. Banyak brand-brand besar memanfaatkan pemasaran dengan cara ini, mulai dari produk pakaian, herbal, buku, hingga mainan edukatif.

Keuntungan Berbisnis Melalui Komunitas Reseller

Jika Anda ingin mencoba berbisnis bersama komunitas reseller, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja keuntungan dari bisnis dengan cara ini. Keuntungan berbisnis dengan cara ini adalah:

  • Biaya terjangkau

Investasi untuk menjadi reseller sangat terjangkau. Apalagi jika Anda bandingkan dengan memulai bisnis sendiri. Tentunya mengawali bisnis membutuhkan biaya yang amat besar.

Reseller memiliki kebebasan untuk memilih produk yang ingin dijual. Mereka bisa fokus pada produk yang mereka sukai, sesuai dengan selera teman-teman bergaul, atau mengikuti apa yang sedang menjadi trend.

  • Tidak membutuhkan riset produk

Anda tinggal fokus untuk memasarkan produk saja. Tugas untuk mengurusi pengembangan produk sepenuhnya ada pada produsen.

  • Bisa menjual produk dari brand besar

Bergabung menjadi reseller produk dari brand besar mudah saja Anda lakukan. Hal ini tentunya memudahkan dalam pemasaran produk karena kualitas dan reputasi perusahaan sudah bagus.

  • Resiko minimal

Karena reseller tidak memproduksi barang, mereka tidak perlu pusing memikirkan kerugian karena kelebihan produk atau adanya cacat produksi.

  • Kesempatan menambah ilmu dan relasi

Bergabung dalam komunitas ini sangat membantu dalam meningkatkan ilmu marketing. Selain itu juga bisa memperluas jaringan relasi.

  • Lebih cepat mendapatkan keuntungan

Dengan angka investasi kecil dan dukungan sistem reseller yang baik, keuntungan bisa lebih cepat Anda dapatkan.

Bisnis Tanpa Modal

Jika menjadi reseller, Anda membutuhkan modal untuk membeli sejumlah produk yang akan dijual kembali. Bagaimana jika tidak ada dana untuk investasi. Anda bisa mencoba untuk menjadi dropshipper, yakni menjual produk tanpa membelinya terlebih dahulu.

Dengan sistem ini, produsen yang mengirim barang kepada customer. Sementara tugas Anda hanyalah mengiklankan produk untuk mendapatkan pembeli.

Hanya saja pendapatan dropshipper tentunya lebih rendah daripada reseller karena tidak memiliki stok produk. Di samping itu, dropshipper tidak bisa menentukan sendiri harga jual produk.

Tantangan dalam Komunitas Reseller

Selain berbagai keuntungan, ada juga kekurangan dalam komunitas reseller. Di antaranya ketatnya persaingan, harga yang fluktuatif, dan kemampuan marketing individu. Karenanya penting bagi reseller untuk selalu upgrade ilmu pemasaran, menjaga loyalitas pelanggan, dan tetap mengikuti trend pasar.

Demikian uraian singkat mengenai komunitas reseller. Komunitas ini memang membantu sekali untuk memulai bisnis dengan modal ringan.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Laporan Kinerja Sekretariat Kabinet Semester I Tahun 2023

Apa Saja Pertanyaan Terbesar tentang Alam Semesta, Begini Penjelasan Ahli