in

NASA Temukan Planet Mirip Bumi Berjarak 100 Tahun Cahaya

WASHINGTON DC – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA) pada Senin (6/1) mengumumkan bahwa satelit TESS yang memiliki tugas mencari planet di luar angkasa, telah menemukan sebuah planet mirip Bumi yang mungkin bisa dihuni berkat keberadaan air di sana.

“Planet yang diberi nama TOI 700 d itu relatif dekat dengan Bumi, hanya berjarak 100 tahun cahaya,” lapor Laboratorium Propulsi Jet yang berada di bawah naungan NASA, dalam pertemuan tahunan American Astronomical Society di Honolulu, Hawaii.

“Tess di desain dan diluncurkan secara khusus untuk menemukan planet-planet seukuran Bumi yang mengorbit diantara bintang-bintang,” kata Direktur Divisi Astrofisika NASA, Paul Hertz.

Sebelum menemukan Planet TOI 700 d, satelit TESS juga telah menemukan planet-planet serupa. TESS juga menemukan 3 planet lain dalam orbit yang diberi nama TOI 700 b, c dan d, namun planet yang terakhirlah yang bisa dihuni umat manusia karena dipermukaannya terdapat lautan dan air, mirip keadaannya saat planet Mars masih berusia muda.

Dimensi planet ini berukuran sedang sekitar 40 persen dari besar Matahari dan 20 persen lebih besar dari ukuran Bumi. AFP/ils

What do you think?

Written by Julliana Elora

Super Junior Siap Luncurkan Album Baru

Super Junior Siap Luncurkan Album Baru