in

Obat Rumahan dapat Atasi Kuku yang Bermasalah

Kuku yang bermasalah karena berubah warna dapat diatasi dengan menggunakan obat rumahan. 

Seperti diketahui, perubahan warna pada kuku dapat terjadi karena disebabkan oleh infeksi bakteri/jamur atau masalah hormonal. Infeksi bakteri pseudomonas, misalnya, dapat menyebabkan kuku berwarna kehijauan. Ada juga, onikomikosis atau kondisi di mana kuku terinfeksi jamur sehingga warna kuku semakin gelap. 

Apapun penyebabnya, permasalahan perubahan warna pada kuku ini sebenarnya dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan yang dapat ditemukan dengan mudah di rumah. 

Mengutip Bold Sky, beberapa di antaranya obata rumahan itu sebagai berikut: 

Lemon

Lemon mengandung zat anti bakteri dan anti jamur sehingga baik untuk membersihkan noda kuning atau putih pada kuku. Kandungan astringent pada lemon juga membantu mebersihkan kuku dan mencegah perubahan warna.

Cukup rendam kuku dalam air yang dicampur dengan beberapa sendok air lemon selama 10-15 menit. Kemudian lembapkan kuku dengan minyak atau produk pelembab tangan.

Minyak Esensial Jeruk

Tips lain yang dapat dipraktekkan adalah dengan penggunaan minyak esensial jeruk. Minyak ini mengandung anti bakteri dan anti inflamasi atau peradangan, sehingga dapat membunuh jamur maupun bakteri pada kuku. sebelum digunakan, minyak sebaiknya dipanaskan sebentar. Pijat kuku dengan minyak lalu bilas dengan air hangat.

Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah zat kimia yang memiliki sifat asam lemah, anti bakteri dan anti jamur. Cairan ini dapat mengatasi perubahan warna pada kuku dan juga sanggup membunuh bakteri juga jamur pada kuku.

Campur setengah cangkir air dan dua sendok hidrogen peroksida, lalu rendam kuku selama 10-15 menit. Sikat kuku dengan sikat lembut. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah cairan ini dapat membuat kuku kering, sehingga setelah melakukan perawaatan dengan hidrogen peroksida, baiknya kuku dilembabkan.

Minyak Tea Tree (Pohon Teh)

Seperti minyak esensial jeruk, minyak tea tree mengandung anti bakteri dan anti peradangan. Tidak hanya bakteri atau jamur yang bisa membuat warna kuku berubah, penggunaan cat kuku berlebihan juga membuat warna alami kuku berubah. 

Pijat kuku dengan minyak tea tree secukupnya, diamkan selama semalam dan bilas dnegan air. Agar jamur hilang dan warna kuku kembali normal, lakukan sesering mungkin.

Pasta Gigi dengan Pemutih

Pasta gigi tidak hanya meutihkan gigi saja tapi terbukti dapat mengobati kuku yang berwarna kehijauan dan kekuningan. cukup gosok kuku dengan pasta gigi untuk menghilangkan noda pada kuku. Pasta gigi mengandung bahan pemutih, termasuk hidrogen peroksida.

Oleskan pasta gigi pada permukaan kuku dan diamkan selama 10-15 menit. Gunakan sikat untuk menggosok kuku. Lakukan setiap hari selama seminggu untuk menghilangkan warna kuning pada kuku.

Cuka Apel

Kandungan asam yang tinggi pada cuka apel dapat membantu mengurangi warna kuning pada kuku. Selain itu, cuka apel juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur. Cukup rendam kuku dalam campuran cuka apel dan air hangat selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Lemon dan Baking Soda

Campuran lemon dan baking soda dipercaya dapat mengatasi masalah perubahan warna pada kuku. Baking soda sendiri bisa mengeksfoliasi kuku secara alami. campur dua sendok baking soda dan satu sendok air lemon, lalu oleskan pada kuku. Warna kuku bisa kembali normal jika rutin melakukan perawatan ini setiap hari selama sebulan.

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Mekanisme Dan Syarat Pensiun Dini PNS Guru

Kontrak Essien Satu Tahun, Persib Bidik Juara Liga 1