in

Operasi Mantap Brata Singgalang Digelar 19 Oktober

RAPAT KOORDINASI: Polda Sumbar menggelar rapat koordinasi Lintas Sektor di ruang Jenderal Hoegeng Mapolda Sumbar, beberapa waktu lalu.(IST)

Polda Sumbar akan menggelar Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024 guna mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2024. Operasi ini akan digelar terhitung mulai 19 Oktober 2023.

“Operasi ini akan melibatkan instansi dan lembaga terkait dengan membentuk satgas-satgas. Yakni Satgas Preemtif, Preventif, Gakkum, Humas, Tindak dan Satgas Bantuan Operasi,” kata Karo Ops Polda Sumbar Kombes Pol Djajuli mewakili Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono saat Rakor Lintas Sektora di ruang Jenderal Hoegeng Mapolda Sumbar.

Ia mengatakan, mengevaluasi pelaksanaan Operasi Mantap Brata Singgalang 2014 dan 2019, maka terdapat beberapa permasalahan yang pernah terjadi. Dari permasalahan dalam penyelenggaraan pemilu sebelumnya dan potensi kerawanan yang terus berubah seiring dengan meningkatnya dinamika dalam penyelenggaraan pemilu setiap tahunnya.

“Untuk mencapai tujuan dari Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024 diperlukan kebersamaan, sinergitas, komunikasi dan koordinasi antar lembaga atau instansi,” tuturnya.

Ia berharap permasalahan yang pernah terjadi tidak akan muncul kembali. “Namun apabila permasalahan tersebut timbul kembali kita harus bersiap menghadapinya dengan cepat dan risiko seminimal mungkin. Hal ini mengharuskan kita untuk merumuskan langkah-langkah antisipatif yang solid guna menjamin kelancaran pelaksanaan operasi tersebut,” pungkasnya.

Berdasarkan data yang sudah ditetapkan oleh KPU, ada 4.086.606 pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya di 17.569  TPS tersebar pada 1.265 nagari, desa dan kelurahan di 179 kecamatan dalam wilayah kabupaten/kota di Sumbar.

Kemudian, berdasar pemetaan yang sudah dilakukan oleh Polres jajaran sesuai dengan indikator yang sudah ditentukan terdapat TPS dengan kategori sangat rawan, 424 TPS kategori rawan dan sisanya 17.117 TPS kurang rawan. (rid)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kompor Gas Dibiarkan Nyala, Toko Nyaris Ludes

Tim Pemenangan Marlis Siapkan Strategi Elegan Menuju DPR RI