in

Padek Cup 2023 Terobosan Luar Biasa, Wadahi Bibit Pesepakbola Profesional

Harian Padang Ekspres Hebat! Itulah ungkapan yang disampaikan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri dan Kadispora Sumbar Meifrizon dalam sambutannya sebelum menendang bola tanda dibukanya Turnamen Padek Cup 2023 di Lapangan FIK UNP, Jumat (3/2).

Ganefri dan Meifrizon mengapresiasi Padang Ekspres yang peduli terhadap olahraga paling populer yakni sepakbola dengan menggelar turnamen anak usia dini atau muda.

”UNP sangat mendukung turnamen sepakbola kelompok usia 10 dan 12 tahun yang diadakan Padang Ekspres ini. Memfasilitasi anak-anak Sumbar berbakat berkompetisi. Kita harapkan anak-anak ini menjadi pesepakbola profesional yang membanggakan orangtua dan Sumbar di tingkat nasional,” ujarnya disambut aplaus para pelatih dan ratusan anak-anak peserta Padek Cup 2023.

Menurutnya turnamen yang diadakan Padang Ekspres ini sangat tepat karena bisa jadi wadah bagi anak-anak pecinta sepakbola untuk menyalurkan bakat dan berkompetisi secara sportif. ”Mudah-mudahan turnamen bisa berlanjut atau tidak hanya sekali ini saja. Sehingga Sumbar nantinya bisa mencetak pemenang-pemenang yang akan bisa membanggakan daerah kita, Sumbar,” katanya.

Ganefri tak lupa berpesan kepada anak-anak sekolah sepakbola (SSB) dari kabupaten dan kota di Sumbar untuk terus berlatih dan bertanding dalam menggapai misi menjadi pesepakbola profesional. ”Apabila ingin menggeluti olahraga jangan setengah-setengah. Harus latihan,” ingatnya.

Selama ini bisa dilihat bahwa banyak bibit unggul calon pemain sepakbola profesional yang terus mengasah bakatnya dengan berlatih dan bertanding. Kemudian, tentu saja harus didukung dengan pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi.

”UNP punya Fakultas Ilmu Keolahragaan. Jadi nantinya anak-anak bisa masuk kuliah di sini dan bisa menjadi olahragawan profesional,” tambahnya.

Antusiasme yang mendalam juga ditunjukkan oleh Kadispora Sumbar Meifrizon. Menurutnya, turnamen ini terobosan luar biasa yang dilakukan Padang Ekspres dalam bidang olahraga.

”Kita siap berkolaborasi dengan Padang Ekspres dalam upaya menciptakan calon-calon pesepakbola profesional dan membanggakan daerah di tingkat nasional hingga internasional,” kata Meifrizon.

Bagi pesepakbola muda dan berprestasi, Pemerintah Provinsi Sumbar memiliki wadah membina. ”Kita punya PPLP (Pusat Pendidikan Latihan Olahraga Pelajar) yang  mewadahi para anak berprestasi bidang sepakbola yang bisa bersekolah di sana. Semuanya ditanggung oleh pemprov. Siswa diberi uang saku, uang sekolah, pakaian dan semuanya gratis,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lewat turnamen Padek Cup 2033 anak-anak ini  diasah kemampuan terbaiknya dalam bermain sepakbola. ”Sehingga nantinya mereka bisa menjadi anak yang beruntung dan bisa masuk ke PPLP Sepakbola Sumbar,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Sekolah Sepakbola (SSB) Sumbar Uthan Al Hakim juga sangat berterima kasih kepada Padang Ekspres telah menggelar turnamen sepakbola demi mewadahi anak-anak yang memiliki mimpi menjadi pesepakbola andal.

Turnamen ini, menurutnya sangat disambut antusias SSB yang ada di Sumbar. Bahkan, jumlah pesertanya mencapai 68 tim.

”Dengan Padek Cup 2023 ini diharapkan bisa mewadahi anak-anak kita yang berprestasi di bidang sepakbola dan bermimpi menjadi seorang pemain sepakbola terbaik nantinya. Turnamen ini juga meningkatkan semangat anak-anak dan pecinta sepakbola,” katanya seraya berharap turnamen berlanjut tahun depan.

Direktur Padang Ekspres Mhd Nazir Fahmi menyampaikan turnamen sepakbola usia 10 dan 12 tahun ini merupakan kontribusi Padang Ekspres di usianya yang ke-24 tahun untuk masyarakat Sumbar.

Nazir sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah antusias menyambut, mendukung dan mengikuti turnamen ini. Yakni Universitas Negeri Padang, Wali Kota Padang, Asprov PSSI Sumbar, Dispora Sumbar, Polsek Kototangah, Dinas Kesehatan Padang, Semen Padang, Bank Nagari, Jamkrida, Mandala Multifinance, Elnusa Petrofin, Hiswana Migas, Bank BRI, Telkomsel, Biskuat, Kong Ghuan, Pancaran Motor, Yamaha dan pihak lainnya.

”Terima kasih Pak Rektor UNP Prof Ganefri, Kadispora Sumbar Meifrizon dan Wali Kota Padang Hendra Septa serta para sponsor lainnya. Kita akan jadikan ini agenda tahunan,” ungkapnya didampingi Wakil Direktur Heri Sugiarto, Pemred Rommi Delfiano dan Ketua Panitia Padek Cup Eko Hermanto. (cr5)

What do you think?

Written by Julliana Elora

10 Anggota PKD Padang Barat Terpilih

5 Murid SD dan SMP IT Nurul Ilmi Pariaman Juara Karate