in

Pasar Jaya Siapkan Stok Pangan

JAKARTA – Perumda Pa-sar Jaya menyiapkan delapan persediaan komoditas ke-butuhan pokok guna menganti-sipasi kenaikan harga saat Natal dan Tahun Baru di Ibu Kota.“Perlu dilakukan antisi-pasi penyediaan sejumlah ko-moditi yang dinilai rentan se-hingga tidak ada gejolak harga khususnya di pasar tradisional dan di seluruh gerai pangan yang dikelola Pasar Jaya,” kata Manager Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya, Gatra Va-ganza dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (25/12)

.Berdasarkan data dari Pa-sar Jaya, berapa komoditas yang disiapkan stoknya se-jak menjelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 adalah: be-ras (529.710 Kg); gula (13.500 Kg); tepung (169.125 Kg); mi-nyak (dua liter 169.125 item dan satu liter 2.500 item); da-ging ayam (3.500 Kg); daging sapi (2.500Kg); daging kerbau (1.255 Kg); dan bawang merah (26.000 Kg).

Khusus untuk mengantisi-pasi kenaikan harga daging, Pasar Jaya telah membangun sejumlah mesin Controlled Atmosphere Storage (CAS) di pasar-pasar yang ada di Ja-karta dengan tujuan sejumlah kebutuhan pokok sudah bisa dilakukan penyimpanan sejak jauh hari.

“Khusus untuk ‘cold stor-age’ sendiri juga sudah di-siapkan di sejumlah pasar. Ke-butuhan pangan daging beku juga bisa distok dari awal. Da-ging adalah salah satu komod-iti yang cenderung mengalami lonjakan harga setiap hari besar keagamaan dan Tahun Baru,” tutur Gatra.

Untuk distribusi komoditi pangan tersebut di atas, Pasar Jaya mempergunakan empat Jakgrosir sebagai induk pusat distribusi pangan di Jakarta yang ada di Pasar Induk Kra-mat Jati, Kedoya, Walang Baru dan satu di Pulau Seribu.

“Keberadaan Jakgrosir didukung oleh gerai ritel di bawahnya sebagai tempat pe-nyaluran komoditi pangan tersebut. Rencananya menyu-sul pembangunan Jakgrosir di Jakarta Pusat dan Jakarta Sela-tan,” ucap Gatra.

Waktu pelaksanaan pen-jualan produk pangan ini sen-diri berlangsung sejak 8-31 Desember 2020. Harga promo juga sudah disiapkan untuk para pelaku usaha yang ter-gabung dalam Jakprenur.Lokasi pelaksanaan adalah Jakgrosir Induk Kramat Jati, Jakgrosir Tidung Kecil, Jak-grosir Walang Baru, Jakgrosir Kedoya, Jakmart Asam Reges, Jakmart Fish Angke, Gerai Cu-pang, Jakmart Glodok, Gerai Kamal, Gerai Semanan dan Jakmart Marhamas.Juga, Gerai Rawa Lele, Ge-rai Siduck, Jakmart Pramuka, Jakmart Rawa Bening, Jakmart Sunan Giri, Jakmart Duren Sawit, Gerai KGN, Gerai SPSI Cakung, Gerai FSPMI Cakung, Gerai Sri Gunting Walikota Ja-karta Pusat, Jakmart Cikini, Jakmart Pasar Baru dan Jak-mart Balaikota. emh/P-5

What do you think?

Written by Julliana Elora

Satu dari 100 Wisatawan di Kawasan Puncak Reaktif Covid-19

Heboh Varian Baru Virus Corona, Bagaimana agar Tak Tertular?