in

Pelayanannya Telah Diakui Negara, Genius Sidak Layanan Dinas Dukcapil

Wali Kota Pariaman Genius Umar sidak layanan di Dinas Dukcapil di Kantor Bersama Pemko Pariaman, Kelurahan Karan Aur, Kecamatan Pariaman Tengah, Kamis (16/2).

Sebab akhir 2022 lalu  Dinas Dukcapil Kota Pariaman meraih Penghargaan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori pelayanan prima Disdukcapil Kabupaten/Kota oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).

“Karena telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat. Pelayanan terbaik harus dipertahankan. Tentunya dimulai dari semua petugas yang melayani,” ujarnya.

Setiap aparatur negara sebut Genius harus mempunyai orientasi yang sama. Memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dimana kita terus meningkatkan kompetensi dan berkolaborasi untuk penyelenggaraan pelayanan publik yang berdaya saing, sehingga terwujudnya kesejahteraan bagi masyarakat.

“Jangan sampai ada warga yang tidak terlayani dengan baik, semua harus mendapatkan pelayan yang terbaik, sehingga masyarakat merasa senang hatinya,” ujarnya.

Genius juga berbincang dengan masyarakat yang sedang mengurus permohonan di Dinas Dukcapil Kota Pariaman. Mereka menjawab bahwa mereka mendapat layanan yang baik dan prosesnya cepat.

“Saya juga tadi berbincang dengan ASN yang pindah domisili, dari Tanahdatar ke Kota Pariaman. ASN ini sebelumnya masih menggunakan KTP Tanahdatar dan kami telah menginstruksikan agar seluruh ASN Kota Pariaman mempunyai KTP Pariaman,” ujarnya.

Ada beberapa inovasi yang telah dibuat oleh Dinas Dukcapil Kota Pariaman, seperti Dukcapil DIGI (Dilayani dengan Genius) berbasis android, Lapak Online (Layanan Pengaduan Dokumen Kependudukan secara online), Rela Kerumah (Rekaman Langsung ke Rumah), Pelontar (Pelayanan orang-orang Telantar), Satria Ajos (Sarana Layanan Kartu Indentitas Anak Antar Hemput Sekolah) dan Lagu Indang (Layanan Pengaduan Pindah Datang Warga), dan inovasi-inovasi lainya. (nia)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Alokasi Kursi DPRD Kabupaten Agam Bergeser, Bawaslu Gelar Rapat

Disindir sebagai ‘Kuching Kecil’, Andre Rosiade: Gebrak Meja Hasilnya Nyata