in

Pemerintah Harus Jamin Rakyat Bebas Ancaman Kelaparan

NUKetua PBNU KH Robilun Emhas menyampaikan sambutan pada pembukaan Konferwil XII NU Sumut di Berastagi, Jumat (21/7). (Repro/ WSP/Ist )

BERASTAGI ( Berita ) : Pemerintah harus bisa menjamin bagi warganya terbebas dari ancaman kelaparan dan rasa ketakutan. Jika rakyat masih dalam ancaman kelaparan dan tidak mendapat jaminan keamanan maka pemerintah gagal dalam memimpin.
Demikian disampaikan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Robilun Emhas, SH, MH mewakili Ketua Umum Said Aqil Siradj pada acara Konferensi Wilayah XVII Nahdlatul Ulama Sumatera Utara di Berastagi Cottage,Kab. Karo, Jumat (21/7).

Dikatakan Robilun, ancaman kelaparan yang dimaksud adalah rakyat mudah mencari nafkah dalam artian pekerjaan dan tersedianya bahan pangan. Sedang bebas dari rasa takut adalah adanya jaminan keamanan dari pemerintah dalam melakukan ibadah dan beraktivitas sehari-hari. “Fungsi utama pemerintah secara kolektif adalah mampu memenuhi kebutuhan dasar manusia dan memastikan warganya bebas dari ancaman kelaparan dan rasa takut,” katanya.

Di bagian lain Robilun mengungkapkan NU sudah final memperbincangkan tentang bernegara. Pancasila adalah final. “Ideologi Pancasila sudah final bagi NU. Pancasila dipandang sebagai instrument untuk menyambungkan masyarakat Indonesia yang berbagai macam suku dan agama.

Ketua PWNU Sumut Drs H Afifuddin Lubis mengatakan,konferwil bertemakan “Meneguhkan Islam Ahlus sunnahwal Jamaah dalam Bingkai NKRI” dengan harapan bahwa NU akan tetap menjaga marwah para ulama dan tetap berperan dalam pembangunan.

Ketua Konferwil XVII NU Sumut Drs H Takbir Siregar melaporkan, konferensi diikuti oleh 31 pengurus cabang dari 33 pengurus cabang NU yang ada. “Peserta konferwil adalah pengurus cabang yang sudah melaksanakan konfercab,”kata Takbir yang pada acara itu juga dihadiri pengurus PBNU KH Suwadi Pranoto, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan.

Turut menyampaikan katas ambutan Gubsu diwakili Asisten I Pemerintahan Sekdaprovsu, Bupati Karo diwakili Asisten Umum. Setelah dibuka acara konferwil dilanjutkan sidang-sidang. (WSP/m08/A)

What do you think?

Written by virgo

Nabi Muhammad Dihina,Muslim AS Bertindak Bijak

5 Hacker Cantik Ini Ternyata Sangat Berbahaya Bagi Dunia