in

Pemkab Pessel, Dukung Pembinaan Ideologi Pancasila, Dengan Menghilangkan Kesenjangan

PESSEL METRO–Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar bersama Kesbangpol Pemkab Pessel mengikuti Diskusi Kelompok Terpumpun ” Kampung Pancasila ” ( Desa / Kelurahan berdikari), yang diadakan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia silahturahmi Daerah Provinsi Sumatera Barat melalui Diskusi Kelompok Terpumpun ” Kampung Pancasila ” ( Desa / Kelurahan berdikari), Jumat (19/8/2022) di gelar di Kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Dihadiri Deputi Bidang hubungan antar lembaga, sosialisasi, komunikasi dan jaringan BPIP, Prakoso. Dan Gubernur Sumatera Barat.

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar hadir langsung dalam diskusi tersebut, bersama Kepala Badan Kesatuan Bangla dan Politik, Kabupaten Pesisir Selatan Hardi Darma Putra.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, didampingi Kepala Badan Kesbangpol, Pessel Hardi Darma Putra, mengatakan, Pemkab Pessel sangat mendukung pembinaan nilai – nilai Pancasila melalui Kearifan lokal di Kabupaten Pesisir Selatan. Begitu juga, Pembinaan Ideologi Pancasila di Kabupaten Pessel.

Dalam kegiatan ini, Pemerintah Daerah, Pesisir Selatan melaksanakan perjanjian kerjasama antara Deputi hubungan antar lembaga, sosialisasi, komunikasi dan jaringan BPIP, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol) Kabupaten Pesisir. Tentang, pembinaan nilai – nilai Pancasila melalui Kearifan lokal di Kabupaten Pessel. Yang ditanda tangani Prakoso ( pihak pertama) dan Kepala Badan Kesbangpol Pemkab Pessel. (pihak kedua).

Selain itu, Pemkab Pessel juga melaksanakan nota kesepakatan antara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Pemkab Pessel, tentang Pelaksanaan Pembinaan Ideologi Pancasila, terang Bupati Rusma Yul Anwar.

” Dengan kesepakatan ini, bisa terjalin sinergitas berkuatan berdasarkan kewenangan tugas, fungsi program dan kegiatan yang saling mendukung sorta memperkuat kerjasama dalam rangka Pelaksanaan Pembinaan Ideologi Pancasila, ” tegas Bupati Pessel.

Sedangkan untuk perjanjian kerjasama bersama dengan Deputi hubungan antar lembaga, sosialisasi, komunikasi dan jaringan BPIP, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol) Kabupaten Pesisir, bertujuan upaya bersama untuk mengaktualisasikan nilai – nilai Pancasila melalui Kearifan lokal di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Ruang lingkup itu sendiri Hardi Darma Putra menyampaikan, Pembinaan nilai – nilai Pancasila melalui Sosialisasi dan komunikasi kepada ASN dan Masyarakat di Kabupaten Pessel, Pelaksanaan pembudayaan aktualiasi nilai – nilai Pancasila melalui Kearifan lokal di wilayah Kabupaten Pessel yang akan diimplementasikan di Kabupaten Pesisir Selatan.

Sekaligus juga, pemanfaatan sumber daya para pihak dalam melaksanakan sosialiasi dan komunikasi serta pembudayaan aktualisasi nilai – nilai Pancasila melalui kearifan lokal dengan berasaskan gotong royong dalam bentuk seminar, lokakarya, diskusi kelompok terpumpun,atau bentuk lain yang kita sepakati bersama.

Pelaksanaan pembentukan dan pemberdayaan jejaring multi pihak dalam rangka membangun karakter berwawasan kebangsaan sesuai nilai – nilai Pancasila, tukar menukar informasi, penggunaan kepakaran dan ketokohan serta bidang lain dalam mengaktualisasikan nilai – nilai Pancasila melalui kearifan lokal, serta mendukung kegiatan dalam bentuk lain telah kita sepekati bersama.

Untuk menghilangkan kesenjangan tersebut, Pemkab Pessel melalui Badan Kesbangpol akan melaksanakan kegiatan, seperti pembinaan, sosialiasi ke tengah – tengah masyarakat, hingga ke pelosok nagari.

Pemkab Pessel juga akan mengembangkan kawasan desa mandiri, berada di Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, dan awal ini kita akan bagikan 1000 batang bibit durian.

” Penanaman sendiri akan dilakukan secara serentak, tetap dengan dilakukan pendampingan, ” sambungnya.

Nota kesapatan antara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Pemkab Pessel tentang Pelaksanaan Pembinaan Ideologi Pancasila, dengan Pemkab Pessel . ( Rio)

What do you think?

Written by virgo

Kepercayaan Terhadap Polri Turun Jadi 28 Persen, Ini Penegasan Kapolri

Menkes Minta Fasilitas Pelayanan Kesehatan Gunakan Alkes Produksi Dalam Negeri