in

Pendidikan Ramah Anak, Wagub Sumbar Kunjungi SMKN 1 Painan

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy, berkunjung ke SMKN 1 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Jumat (7/10).

Kunjungan tersebut dalam rangka kegiatan sosialisasi pengembangan satuan pendidikan ramah anak.

Kemudian acara dilanjutkan ramah tamah dengan siswa di ruangan, sekaligus memberikan motivasi agar siswa rajin belajar dan disiplin.

Wagub sangat terkesan dengan penyambutan penampilan atraksi gendang tasa dan shalawat nabi oleh siswa SMKN 1 Painan.

“Saya senang sekali datang ke SMKN 1 Painan ini. Penyambutannya begitu hangat, ramah dan berkesan. Kemudian siswanya juga sangat antusias. Saya berharap agar suasana sekolah seperti ini terus dipertahankan. Selanjutnya, saya mengapresiasi kebersihan sekolah, UKS dan terkesan dengan buku tamu digital yang baru kali ini saya lihat,” katanya.

Wagub berharap agar SMKN 1 Painan berupaya membangkitkan jiwa entrepreneur siswa untuk menangkap peluang-peluang usaha ekonomi. Seorang entrepreneur memiliki kemampuan untuk berfikir kreatif ketika ada sebuah peluang usaha dan bisnis baru.

Dalam kesempatan ini wagub mengajak semua siswa untuk terus meningkatkan kompetensinya serta menggunakan pemikiran dalam menyelesaikan permasalahan.

Selain itu diminta agar guru melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan ke depan, dan juga meningkatkan disiplin para siswa.

Dikatakan, menemukan buku tamu digital, berarti sekolah telah siap dengan era 4.0. Lalu, wagub juga menyapa siswa dengan menanyakan apa cita-citanya. Pertanyaan wagub itu dijawab oleh siswa bahwa ia ingin jadi pengusaha.

“Dengan jawaban itu berarti ananda sudah tepat masuk SMK,” katanya.

Wagub menambahkan, pembangunan pendidikan ke depan sangat membutuhkan dukungan seluruh pihak. Oleh karena itu, kepedulian terhadap pembangunan pendidikan harus ditingkatkan.

Sementara itu Kepala SMKN 1 Painan, Syamsul Mardan mengungkapkan, SMKN 1 Painan berkomitmen melaksanakan pengembangan satuan pendidikan ramah anak. SMKN 1 Painan juga telah ditetapkan sebagai sekolah ramah anak pada tahun 2019 oleh gubernur Sumatera Barat.

“Kami atas nama keluarga besar SMKN 1 Painan mengucapkan terima kasih kepada bapak wagub yang menyempatkan diri berkunjung ke sekolah ini. Hal itu sangat berarti bagi kami dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan ke depannya,” kata Syamsul Mardan.

Selain itu ia mengatakan bahwa SMKN 1 Painan kini telah memiliki hotel dengan kapasitas 14 kamar serta meeting room dengan kapasitas 120 orang.

Selanjutnya, sekolah ini memiliki Edomart yang melayani semua kebutuhan siswa baik itu ATK maupun kebutuhan lainnya yang juga dapat diakses oleh masyarakat umum.

Sekolah ini juga memiliki dapur boga yang dikelola oleh konsentrasi kuliner. Di dapur boga menyediakan snack box, nasi kotak, cake yang melayani kue ultah serta kebutuhan makanan lainnya.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Acara ditutup dengan pembacaan ikrar sekolah ramah anak yang dipimpin oleh Kacabdin Pendidikan Wilayah VII, Drs. Syafrizal, M.M.

Juga hadir pada acara itu Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, yang diwakili Kabid GTK, Suindra. (yon)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Andre Rosiade Tinjau Pengerjaan Reaktivasi KA Mak Itam di Sawahlunto

Kepala SMA 12 Padang Janji Sosialisasikan Nabuang Sarok pada Siswa