in

Pentingnya Kinerja Tinggi Bagi Seorang Guru

Eva Yanti, SS, M.Pd
Guru SMPN 2 Tanjungbaru

Tak bisa dipungkiri, pendidikan merupakan investasi sumber daya manusia yang dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Sebuah investasi yang memiliki nilai-nilai yang begitu besar bagi kelangsungan hidup sebuah bangsa.

Pendidikan menjadi unsur yang sangat penting dalam membangun suatu bangsa karena pendidikan akan menaikkan kualitas diri dan meningkatkan sumber daya manusia. Pendidikan juga merupakan proses untuk menciptakan manusia yang berkualitas karena melalui proses inilah seluruh potensi yang ada pada diri manusia akan diberdayakan.

Hal ini sesuai dengan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1 yaitu, “Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Tujuan pendidikan Nasional ini dapat dicapai melalui lembaga pendidikan yang berkualitas, yaitu sekolah. Proses pembelajaran di sekolah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam mencapai tujuan pendidikan Nasional.

Guru menjadi salah satu komponen yang penting di dalam pendidikan, karena guru berinteraksi langsung dengan siswa. Guru merupakan kunci utama sumber daya manusia yang perlu didukung dan ditingkatkan secara konsisten untuk meningkatkan standar sumber daya pendidikan.

Sebagai salah satu unsur manusia yang terlibat dalam proses belajar mengajar, guru memiliki andil yang besar dalam upaya pembentukan sumber daya manusia yang potensial dan guru merupakan profesi profesional di mana ia dituntut untuk berupaya semaksimal mungkin menjalankan profesinya sebaik mungkin.

Karena tugas guru sebagai pendidik, pengajar dan pelatih berimbas langsung kepada siswanya. Oleh karena itu, sangat diperlukan guru yang memiliki kinerja yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya.

Guru yang memiliki kinerja yang tinggi akan memiliki perilaku yang baik yang patut ditiru dan dicontoh oleh siswanya yang juga akan menunjukkan prestasi yang bagus demi meningkatkan kualitas mengajarnya.

Selain itu guru yang memilki kinerja tinggi akan dapat melaksanakan pembelajaran secara kreatif melalui cara dan metode serta strategi yang tepat yang membuat siswa bisa memahami apa yang diajarkan oleh guru.

Guru yang kreatif dapat memanfaatkan segala sesuatu yang tersedia, untuk memastikan bahwa pengajaran dan pembelajaran berlangsung dengan cara yang menarik, dan menginspirasi siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran. Guru yang berkinerja tinggi akan memastikan bahwa pembelajaran berlangsung dengan lancar dan akan meningkatkan standar pengajaran.

Guru memiliki beban kerja sebagai sebagai penanggung jawab langsung pelaksanaan pembelajaran yang dituangkan dalam Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 meliputi merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai pembelajaran, membimbing dan mengajar siswa, serta melaksanakan tanggung jawab lainnya.

Oleh karena itu guru diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab karena kinerja guru yang baik akan memberikan kontribusi yang optimal bagi pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Kinerja sangat penting dalam membantu penyelesaian setiap tujuan pendidikan. Keberhasilan sekolah atau pencapaian tujuan sekolah salah satunya bertumpu pada kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa tolak ukur kinerja guru terlihat dari rasa tanggungjawab dalam menjalankan amanah dan profesi yang diemban. Semua itu akan ditunjukkan dengan ketaatan dan loyalitas guru dalam melaksanakan pekerjaannya baik di dalam maupun di luar kelas.

Kinerja guru yang baik juga terlihat dari sikap disiplin terhadap waktu dalam penyiapan semua dokumen pembelajaran sebelum memulai proses pembelajaran. Pada dasarnya kinerja guru lebih terarah pada perilaku seorang pendidik dalam pekerjaannya dan efektivitas pendidik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya yang dapat memberikan pengaruh kepada peserta didik.

Mengingat posisi guru yang sangat strategis dalam menentukan mutu pendidikan, karena bersinggungan langsung dengan peserta didik, maka dapat ditekankan bahwa, kinerja guru sangat diperlukan untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas yang akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Hal ini penting untuk membantu tercapainya tujuan yang telah direncanakan oleh sekolah. Kinerja yang buruk tidak hanya berdampak kepada hasil kerja guru, tetapi juga berdampak kepada hasil belajar siswa.

Kinerja yang tinggi yang dimilki oleh seorang guru akan menyebabkan guru tersebut lebih bergairah dan bersemangat dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, sehingga akan berdampak baik terhadap sekolah.

Ini karena guru akan lebih termotivasi untuk melaksanakan pembelajaran sehingga pembelajaran lebih efektif, sehingga memiliki andil terhadap peningkatan kualitas pendidikan.(***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Andre Rosiade Bantu Perguruan Pencak Silat di Bungus

Terungkap Setelah Viral, Siswi SD Korban Penculikan Mengaku Mengarang Cerita