in

Penyelewengan Dana Kemahasiswaan Unand Diusut Kejari, Modusnya Dialihkan ke Rekening Pribadi, 10 Saksi sudah Diperiksa

PADANG, METRO–Kejari Padang melaku­kan penyelidikan terkait dugaan penyelewengan anggaran kemahasiswaan Universitas Andalas (Unand) Padang senilai Rp 613 juta. Diduga, dana ter­sebut diselewengkan oleh oknum pegawai yang sebe­lumnya menjabat Ben­dahara 1.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Padang Afliandi me­ngatakan, terkait kasus tersebut, pihaknya masih terus melakukan penyeli­dikan terus. Bahkan, pihak­nya sudah memeriksa se­pu­luh orang untuk dimintai keterangan.

“Pihak-pihak yang ter­kait dengan penggunaan anggaran kemahasiswaan Unand tahun 2022 telah diperiksa. Tim Seksi Pidana Khu­sus Kejari Padang, sam­bungnya, ditemukan ada­nya indikasi penyelewe­ngan,” jelasnya, Kamis (9/11).

Dikatakan Afliandi, pi­haknya mendapati oknum yang mengalihkan ang­garan kemahasiswaan Unand itu ke rekening pri­badi. Hingga akhirnya ter­dapat uang sebesar Rp613 juta yang tidak bisa diper­tanggungjawabkan peng­gunaannya.

“Hasil audit internal Unand menyatakan uang yang tidak bisa dipertang­gungjawabkan sebesar Rp613 juta, saat ini kami masih berpijak pada hasil tersebut. Namun itu bisa terus kami dalami dan kembangkan,” paparnya.

Afliandi menegaskan, hingga saat ini penyidik masih berpijak kepada hasil audit internal Unand dalam melakukan proses hukum yang terindikasi adanya penyelewengan dana kemahasiswaan.

“Padahal seharusnya anggaran kemahasiswaan itu diberikan untuk kegiatan mahasiswa di Unand, namun kami menemukan adanya tindakan pengalihan anggaran ke rekening pribadi,” tutupnya.

Sebelumnya, pihak Universitas Andalas (Unand) mengungkap adanya oknum pegawai yang sebelumnya menjabat Bendahara 1 diduga menyalahgunakaan dana kemahasiswaan tahun 2022 hingga sebabkan kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Sekretaris Rektorat Unand, Henmaidi mengatakan, pada akhir tahun 2022 terdapat sejumlah kegiatan, pemberian insentif prestasi, serta berbagai kegiatan kemahasiswaan yang belum dibayarkan pembiayaannya.

What do you think?

Written by virgo

Presiden Jokowi Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada Enam Tokoh

Mengguggah Selera, Lezatnya Itiak Lado Mudo Ngarai Sianok