in

Perkuat Pengetahuan Keuangan Aparatur Nagari, Ini Kata Sekkab Pessel!

Mawardi Roska

Semua aparatur nagari di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) diingatkan agar terus meningkatkan pengetahuannya tentang administrasi keuangan. Ketegasan itu disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pessel, Mawardi Roska, kemarin (18/7) di Painan.

Ia menyampaikan, dorongan untuk terus meningkatkan pengetahuan administrasi itu dia sampaikan agar keterbatasan kemampuan administrasi aparatur tidak berdampak terhadap hukum, terutama sekali dalam melakukan pengelolaan keuangan.

Selain melalui anggaran pemerintah nagari, pembinaan dan pelatihan administrasi keuangan bagi aparatur itu juga bisa dilakukan oleh perangkat daerah terkait. “Termasuk juga melalui kursus-kursus yang diselengga kan oleh lembaga-lembaga resmi lain,” katanya.

Pemekaran pemerintahan nagari yang dilakukan Pesisir Selatan sejak tahun 2001 lalu, memiliki tujuan agar pelayanan prima dan berkualitas bisa menyentuh masyarakat secara merata.

“Namun yang juga perlu menjadi perhatian bagaimana aparatur nagari dalam memberikan pelayanan memiliki kemampuan yang ideal. Tujuannya agar selain memberikan kepuasan bagi masyarakat, mereka juga tidak sampai berurusan dengan hukum akibat dari keterbatasan kemampuan dalam hal pengelolaan keuangan,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini jumlah nagari di daerah itu telah mencapai 182 nagari. Jumlah itu jauh meningkat dari awal pencanangan kembali ke pemerintahan nagari pada tahun 2001 lalu.

Sebab setelah melalui pemekaran sebanyak tiga kali, sekarang jumlah nagari telah menjadi 182 nagari, dari 36 nagari pada tahun 2001 lalu.

“Makanya pemekaran ini juga harus diimbangi dengan kemampuan bidang administrasi keuangan. Sebab kita memang tidak menginginkan akibat keterbatasan kemampuan itu, aparatur nagari berbenturan dengan hukum,” tutupnya. (yon)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Program Kirana, Tingkatkan Penerbitan KIA!

Tangisan Haru dari Pasaman, LUTD PLN Terangi 3 Rumah Secara Gratis