in

Pertamina Pecahkan Rekor MURI

REKOR MURI- Tim Fire Brigade RU III membentangkan selang pemadam terpanjang 5 kilometer yang mendapat Rekor MURI, Sabtu (8/4).

Palembang, BP

Pertamina Refinery Unit III Plaju berhasil memecahkan Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan menggelar selang pemadam (fire hose) terpanjang sepanjang 5 kilometer dalam simulasi pemadaman kebakaran di Refinery Unit III Plaju, Sabtu (8/4).

Kegiatan yang merupakan puncak dari rangkaian kegiatan peringatan Bulan K3 di Refinery Unit III ini melibatkan 125 pekerja serta mitra kerja RU III yang tergabung dalam tim Pemadam Kebakaran (Fire Brigade) RU III dengan dipimpin langsung General Manager RU III Eman Salman Arief selaku ketua tim Penanggulangan Keadaan Darurat (Emergency Response Commander).

General Manager RU III Eman Salman Arief mendapat kehormatan secara langsung untuk menerima piagam penghargaan dari MURI yang diserahkan oleh Osmar Semesta Susilo selaku Wakil Direktur MURI.
Area Manager Communication & Relations Sumbagsel M Roby Hervindo menjelaskan, pencatatan rekor MURI ini juga menjadi bukti komitmen perusahaan terhadap upaya penerapan budaya K3 di Pertamina, khususnya kesiapan Pertamina RU III dalam menghadapi bahaya kebakaran baik di dalam lingkungan RU III maupun di wilayah masyarakat sekitar.

“Kemampuan dan kesiapan tim Fire Brigade serta ketersediaan selang pemadam terpanjang di RU III ini, juga ditujukan untuk membantu tim pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran di wilayah sekitar operasi Pertamina atapun di wilayah lainnya. Terlebih jika kebakaran terjadi di wilayah dengan akses jalan yang sempit dan padat penduduk sehingga membutuhkan selang pemadam yang panjang untuk memadamkan api,” jelas Roby.

Roby mengatakan, peringatan Bulan K3 Nasional merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Pertamina sebagai bentuk kegiatan sosialisasi untuk menyegarkan penerapan budaya K3 khususnya dalam kegiatan operasional Perusahaan. “Kita telah menerapkan berbagai program guna memastikan implementasi K3 berjalan dengan baik, diantaranya Observasi Alat Pelindung Dri, Surat Izin Kerja Aman, Stop Walk and Talk (SWAT), Safety Passport, Joint Safety Inspection, Sweeping Kepatuhan Peraturan Keselamatan Kilang, dan program 1 Jam Bersama HSE untuk seluruh unit kerja,” ungkapnya.

Saat ini, imbuh Roby, komitmen dan penerapan budaya K3 di Pertamina RU III berhasil membukukan 63.779.061 Jam Kerja Aman (nihil kecelakan) hingga bulan Maret 2017. Sehingga mendapat apresiasi berupa penghargaan keselamatan migas Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha II dari Kementerian ESDM, serta penghargaan PROPER Hijau yang ketiga kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.#ren

What do you think?

Written by virgo

Kiat memotivasi anak agar tidak nyontek saat ujian

Jika Aku Menghilang, Apa Kamu Akan Mencariku?