in

Pertemuan Dai Lahirkan Deklarasi Padang

Multaqa Duat Ketiga Resmi Ditutup

Multaqa Duat ketiga yang dihadiri ratusan dai dan ulama dari Asia Tenggara, Afrika dan Eropa secara resmi ditutup Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kamis (20/7).
Acara yang dipusatkan di Hotel Grand Inna Padang ini melahirkan “Deklarasi Padang”, ditandai penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah disaksikan para peserta dan undangan lainnya.

Wali Kota Mahyeldi mengatakan, pertemuan para ulama dan dai di Kota Padang ini merupakan berkah. Dari pertemuan ini lahir deklarasi yang menguatkan kembali komitmen persatuan umat Islam.

“Pertemuan ini menjadi berkah karena menguatkan kembali komitmen umat yang satu dengan lahirnya Deklarasi Padang,” kata Mahyeldi usai acara penutupan Multaqa Dai dan Ulama se Asia, Afrika dan Eropa, kemarin (20/7). 

Deklarasi Padang yang memuat 6 butir mewujudkan umat Islam sebagai umat yang satu dan mengajak umat Islam berperan aktif mewujudkan sikap solidaritas serta proaktif menyelesaikan perselisihan yang terjadi dalam tubuh umat. 

Juga mengarahkan umat agar terhindar dari pemikiran ekstrem kanan maupun ekstrem kiri. “Deklarasi ini guna mendorong persatuan dan solidaritas umat dalam mengatasi kesulitan dan kezaliman,” sebut Mahyeldi.

Syeikh Khalid Al Hamudi selaku pembina Yayasan Al Manarah Al Islamiyah yang memprakarsai penyelenggaraan Multaqa Dai ini menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumbar dan Pemko Padang. Tanpa peran keduanya, kegiatan akbar yang mendapat perhatian dunia ini mustahil terlaksana.

Tidak tanggung-tanggung, tokoh-tokoh yang hadir dalam acara penutupan ini selain Kapolda Sumbar dan Danrem 032 Wirabraja, hadir Imam Besar Masjid Al Haram DR Hasan Al Bukhari, Duta Besar Arab Saudi untuk Republik Indonesia Brigjen Usamah Assyuaibi, mantan Presiden Sudan, Gubernur Maluku Utara Abdul Ganj Kasuba, serta Gubernur DKI terpilih Anies Baswedan dan Gubernur Banten terpilih. (*) 

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Fasilitas Blok III Belum Lengkap, Pedagang Belum jadi Pindah

Garam Langka, Harga Naik