in

Pertemuan Tiga Jam Jokowi-Mega

Tiga tahun sudah Joko Widodo (Jokowi) menjabat presiden Republik Indonesia. Namun, pola komunikasi Jokowi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak banyak berubah. Kemarin (22/10), dua tokoh besar itu melakukan pertemuan mendadak untuk membahas berbagai masalah bangsa. 

Pertemuan tersebut mengingatkan akan pertemuan Jokowi dengan Megawati pada 2014. Menjelang PDIP memutuskan untuk mencalonkan Jokowi sebagai presiden. Tidak kurang dari tiga jam Jokowi dan Megawati mengobrol empat mata di Istana Batu Tulis Bogor. Dalam pertemuan itu Jokowi menikmati makanan istimewa yang dimasak sendiri oleh Mega, sapaan Megawati.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ikut hadir dalam pertemuan tersebut. ”Beliau (Megawati, red) menyiapkan menu makanan spesial buat Pak Jokowi. Makanan itu dimasak sendiri oleh Ibu Megawati,” ucap Hasto dalam keterangannya kemarin. 

Menu yang disiapkan Mega benar-benar khas Indonesia. Antara lain ayam goreng bumbu laja, rendang ikan, ikan cue goreng, tempe goreng dan bubur jagung. Yang paling istimewa adalah sayur lodeh kesukaan Bung Karno, presiden pertama Republik Indonesia yang juga ayah Mega. 

Hasto mengungkapkan, Jokowi tampak lahap menikmati makan malam tersebut. Sedangkan para pengawal dengan penuh nikmat merasakan nasi goreng petai Istana Batu Tulis yang dimasak Pak Karim. Dia adalah pedagang nasi goreng turun-temurun yang sejak dulu menjadi kegemaran Bung Karno.

Politikus kelahiran Yogyakarta itu menerangkan, pertemuan sejak pukul 17.00 tersebut berlangsung santai dan penuh canda. Namun, beberapa kali keduanya tampak serius ketika masuk pembahasan yang menyangkut kepentingan bangsa dan negara.
Soal bagaimana isi pertemuan Jokowi-Mega, Hasto tidak mau menyebutkan. Sebab, pembicaraan Jokowi dengan Mega dilakukan empat mata sehingga dirinya tidak bisa menyampaikan ke publik. 

Alumnus Universitas Gadjah Mada itu hanya mengungkapkan, secara berkala Megawati dan Jokowi memang mengadakan pertemuan. Yang dibahas biasanya dinamika politik nasional. ”Kebiasaan membahas berbagai persoalan bangsa di antara dua tokoh tersebut telah dilakukan sejak Pak Jokowi menjabat wali kota Solo,” beber Hasto. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dinamika Peraturan Taksi Online

Begini Cara Polisi Ungkap Prostitusi Online di Banda Aceh