in

Pesepak bola “gay” Australia takut bermain padan Piala Dunia 2022 di Qatar

Jakarta (ANTARA) – Pesepak bola Australia Josh Cavallo yang mengaku sebagai gay bulan lalu, mengungkapkan ketakutannya untuk bermain pada Piala Dunia 2022 di Qatar karena kriminalisasi negara terhadap homoseksualitas.

Pemain berusia 21 tahun, yang bermain untuk Adelaide United dalam A-League Australia itu adalah satu-satunya pesepak bola gay yang diketahui bermain di liga putra papan atas.

Pengumumannya bulan lalu mendapat pujian dari seluruh dunia, termasuk dari penyerang legendaris Swedia Zlatan Ibrahimovic dan pembawa acara talk show AS Ellen DeGeneres.

Namun, gelandang yang pernah bermain untuk Australia di level U-20 tetapi belum dipanggil ke tim senior itu, mengindikasikan dirinya tidak yakin apa yang akan dia lakukan jika terpilih untuk bermain di Piala Dunia 2022.

“Saya membaca sesuatu yang mengatakan bahwa mereka memberikan hukuman mati bagi orang-orang gay di Qatar, jadi itu adalah sesuatu yang saya sangat takutkan dan tidak ingin pergi ke Qatar untuk itu,” ujar Cavallo kepada Podcast Guardian’s Today in Focus, dikutip dari laman resmi AFP, Senin.

“Dan itu membuat saya sedih. Pada akhirnya, Piala Dunia yang diadakan di Qatar dan salah satu pencapaian terbesar sebagai pesepak bola profesional adalah bermain untuk negara Anda. Mengetahui bahwa ini adalah negara yang tidak mendukung gay, orang akan menempatkan kita pada risiko hidup kita sendiri, itu membuat saya takut, dan membuat saya mengevaluasi kembali apakah hidup saya lebih penting daripada melakukan sesuatu yang benar-benar baik dalam karier saya? “kata Cavallo.

Sejak terpilih sebagai tuan rumah pada 2010, Qatar menghadapi kritik atas perlakuannya terhadap orang-orang LGBT, serta catatannya tentang hak-hak perempuan dan masalah perburuhan.

Tahun lalu, sebuah laporan dari Asosiasi Lesbian, Gay, Biseksual, Trans dan Interseks Internasional (ILGA) mengatakan, sumber mengindikasikan hukuman mati berpotensi digunakan sebagai hukuman untuk seks homoseksual konsensual di Qatar.

Kepala Eksekutif Piala Dunia FIFA Qatar 2022 Nasser al-Khater, pada 2019 mengatakan, setiap penggemar dari jenis kelamin apa pun, orientasi seksual, agama, dan ras, harus yakin bahwa Qatar adalah salah satu negara paling aman di dunia, dan mereka semua akan diterima di negara tersebut.

Namun, dia menekankan bahwa mempertunjukkan kasih sayang di depan umum tidak disukai, itu bukan bagian dari budaya mereka, dan itu berlaku untuk semua orang.

Piala Dunia terakhir diadakan di Rusia, di mana aktivisme aneh sangat dibatasi di bawah undang-undang propaganda gay 2013, yang melarang promosi hubungan seksual non-tradisional kepada anak di bawah umur.

Terlepas dari popularitas sepak bola yang luar biasa di seluruh dunia, hanya sedikit pesepak bola pria yang pernah mengaku sebagai gay, kebanyakan dari mereka mengakui setelah pensiun untuk menghindari kemungkinan ejekan dari kalangan atas.

Pemain profesional pertama yang mengaku saat masih bermain adalah Justin Fashanu dari Inggris pada 1990, tetapi dia tidak pernah mendapat penerimaan dalam permainan tersebut dan gantung diri pada 1998.

 

What do you think?

Written by Julliana Elora

Jadwal menembak Peparnas: Perebutan medali 10m rifle standing

Monia Latuwaria sosok penting kemenangan perang Alaka II, kata Arkeolog