in

Petani Porang Butuh Campur Tangan Pemkab

PATI- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pati nampaknya belum peduli dengan pengembangan budidaya tanaman Porang di Wilayah Kecamatan Gembong. Hal itu menyusul lantaran para petani belum pernah mendapat perhatian untuk membudidaya dan memasarkan.

Naja Pakar Porang Indonesia kepada wartawan mengaku Selama ini para petani Porang belum memiliki akses pasar penjualan yang jelas, sehingga hal itu perlu adanya kepedulian dari Dinas Pertanian Pemkab Pati untuk ikut membantu para petani dalam pembudidayaan porang.

“Para petani Porang selama ini belum pernah ada kepedulian dari Pemkab, padahal harapan para petani, Pemerintah bisa peduli,”Ungkapnya Jumat (11/3/2022).

Menurutnya, Pemerintah harus bisa ikut andil dalam pengembangan tanaman Porang, bahkan bila perlu adanya pelatihan dan sosialisasi dari Pemerintah Daerah kepada para petani untuk bagaimana caranya bisa memproduksi porang agar bisa jadi bahan.

“Melihat potensi lereng gunung Muria yang sangat bagus untuk penanaman porang, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan kuota ekspor ke China Bahkan ke Jepang, dan itu perlu ada campur tangan dari Pemkab,”Katanya.

Selama ini, Lanjut Naja, Tanaman porang sebenarnya sudah di gagas oleh Pemerintah Pusat, karena sebagai fungsinya, selain bisa sebagai bahan pengganti nasi untuk dikonsumsi, tanaman Porang juga bisa diolah apa aja dalam bentuk makanan.

The post Petani Porang Butuh Campur Tangan Pemkab appeared first on ZONA SATU.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dies Natalis ke-46 UNS, Wapres: Terus Perkuat Penguasaan Teknologi Digital

Polisi Sita Aset Indra Kenz Senilai Rp 43,5 Miliar