in

PLTU Teluk Sirih Latih Ibu-ibu Mengolah Tanaman Produktif dan Hydroponik

PT PLN UPK Teluk Sirih menyalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berupa pelatihan pengolahan tanaman produktif dan hydroponik kepada Kelompok Tani Koto Sepakat 2 di Kelurahan Teluk Kabung Tengah. Bantuan ini diserahkan langsung oleh Manager UPK Teluk Sirih, Feri Setiawan Efendi.

“Selaku perusahaan negara yang berada di area Bungus Teluk Kabung, sesuai peraturan pemerintah Kami berkewajiban untuk menyalurkan dana sosial dari perusahaan. Harapan kami, dengan pemberian bantuan pelatihan pengolahan tanaman produktif dan hydroponik ini dapat bermanfaat bagi Kelompok Tani Koto Sepakat 2 karena pada tahun sebelumnya kami sudah memberikan bantuan berupa penanaman tanaman hydroponik dan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Kami juga berharap bantuan ini dapat dikembangkan lagi oleh masyarakat dan menjadi contoh untuk masyarakat lainnya,” ucap Feri Setiawan Efendi.

Dana yang digelontorkan sebesar Rp49,8 juta, pemberian bantuan ini berupa pelatihan cara pengelolaan hydroponik mulai dari pengolahan hasil panen hingga menjadi beberapa produk yang dapat dipasarkan ke masyarakat.

Bantuan juga berupa sarana prasarana perkebunan serta bibit tanaman hydroponik. Pelatihan ini diadakan di Kantor Lurah Teluk Kabung Tengah, dan diikuti oleh anggota dari Kelompok Tani Koto Sepakat 2.

Budidaya hydroponik ini sangat menjanjikan bagi penerima manfaat karena memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Selain tanamannya lebih bersih dan segar, tanaman hydroponik juga mengandung gizi lebih tinggi karena tidak menggunakan pestisida. Selain itu proses pengerjaan hydroponik lebih santai daripada tanaman konvensional dan dapat tumbuh lebih cepat apabila dirawat dan dikelola dengan tepat.

Pemberian bantuan dan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan hydroponik sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar lingkungan PLN UPK Teluk Sirih. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Diduga Menyalahi Prosedur PPDB Jalur KKO, SMAN 3 Pati Dilaporkan Ombudsman

Imigrasi Padang Perkuat Pengawasan Orang Asing di Pessel