in

PM Kanada Diperiksa Terkait Liburan Mewah saat Tahun Baru

Lembaga pengawas kode etik Kanada memulai penyelidikan atas dugaan pelanggaran Undang-undang Konflik Kepentingan oleh Justin Trudeau setelah sang perdana menteri melakukan perjalanan liburan mewah saat Tahun Baru lalu. Diberitakan Reuters, Senin (16/1), Trudeau dihujani pertanyaan dari oposisi terkait perjalanan liburannya ke Bell, pulau privat milik Aga Khan. Perjalanan ke pulau tersebut ditempuh menggunakan jet pribadi Khan.

Sejumlah oposisi dan kritikus menganggap Trudeau melanggar kode etik lantaran Kanada membantu pendanaan yayasan yang dibentuk Aga Khan. Selain itu, Trudeau juga dianggap tidak peka karena sekarang ini negaranya sedang dilanda masalah ekonomi. Tudingan ini diperkirakan dapat merusak reputasi Trudeau yang selama ini dianggap baik oleh rakyat. “Tindakan yang tidak sesuai dengan kode etik ini tentu akan menjadi pokok bahasan besar bagi para pemiluh. Saya pikir, ini akan membuatnya kehilangan dukungan pemilih,” ujar salah satu pendiri Democracy Watch, Duff Conacher.

Sejak terpilih menjadi orang nomor satu di Kanada pada November 2015 lalu, Trudeau berjanji akan menjalankan pemerintahan secara terbuka dan akuntabel. Ia bahkan menerapkan larangan bagi setiap pejabat publik untuk menggunakan penerbangan privat tanpa persetujuan Komisaris Etika dan Konflik Kepentingan Negara, Mary Dawson. Namun sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat pribadi Khan ini, Trudeau sendiri tidak meminta persetujuan dari Dawson.

Menanggapi kisruh liburannya ini, Trudeau merilis pernyataan resminya pada pekan lalu yang menekankan bahwa perjalanan wisatanya tersebut tidak menimbulkan masalah atau kerugian apa pun bagi negara. “Perjalanan wisata dari Nassau ke pulau tujuan memang menggunakan helikopter pribadi Aga Khan. Mereka menawarkan kami menggunakannya. Kami tidak melihat ada masalah dengan itu,” tutur Trudeau dalam pernyataan persnya yang disiarkan televisi di Kingston, Ontario.

Aga Khan atau Pangeran Shah Karim Al Husseini sendiri adalah bangsawan pemimpin kelompok Muslim Nizari Ismaili yang merupakan teman dekat dari keluarga Trudeau. Ia merupakan imam keturunan ke-49 dari 15 juta Muslim Nizari Ismaili, penganut Islam terbesar selama kerajaan Fatimayah. Pengikutnya dipercaya sebagai keturunan langsung Nabi Muhammad SAW. 

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Pelaku Penembakan Tahun Baru di Istanbul Ditangkap

Riset Satu Tahun, Juventus Luncurkan Logo Baru