in

PMK Dan LSD Mengancam, Peternak Tak Khawatir

PATI, zonasatu.net– Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) belum usai, namun kini para peternak kembali harus dikagetkan dengan adanya virus baru yakni Lumpy Skin Diseases (LSD) yang juga menyerang hewan ternak sapi.

Namun begitu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati Hadi Santosa belum ada rencana untuk melakukan penutupan pasar hewan di 3 tempat yakni, pasar hewan Winong, Margorejo, dan Tayu, serta pasar hewan Jaken yang dikelola oleh pemerintah desa.

“Kalau kemarin saat PMK pertama memang kita tutup, sesuai dengan SK, untuk yang ini memang belum, kemarin kepala dinas juga sudah mengingatkan bahwa PMK sudah ada yang ditemukan, tapi untuk kelanjutannya kami belum tahu,”Ungkap Hadi Jumat (27/1/2023)

Jika nantinya persebaran kedua penyakit ini cukup besar dan disinyalir disebabkan dari aktivitas pasar hewan. Hadi mengaku akan segera melakukan penutupan dengan koordinasi bersama Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan).

“Kalau memang itu membahayakan jelas akan kami tutup, karena itu sangat berbahaya, kami tidak mau main-main karena hubungannya dengan masyarakat,”Ujarnya.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sorak Gembira WBP Lapas Suliki, Dapat Vitamin dan Peralatan Mandi

Kenaikan Biaya Haji Tidak Pengaruhi Jamaah Asal Pati