in

Polda Kerahkan 1.141 Personel Amankan Pemungutan Suara

BERSIAP: Suasana simulasi pemungutan suara di Mapolda Sumbar,
Selasa (6/2) lalu. Pada saat yang bersamaan Polda Sumbar gelar apel
pengecekan kesiapan pengamanan TPS Pemilu 2024 di lapangan apel
Mapolda Sumbar.(DOK POLDA SUMBAR FOR PADEK)

Polda Sumbar mengerahkan 1.141 personel untuk pengamanan tahapan pemungutan suara Pemilu 2024 pada Operasi Mantap Brata Singgalang 2024. Para personel ini akan digeser ke-16 Polres dan Polresta di jajaran Polda Sumbar sesuai permintaan dari Polres.

Ke-16 Polres tersebut yakni Polresta Padang, Polresta Bukittinggi, Polres Pesisir Selatan, Polres Agam, Polres Padangpariaman, Polres Pariaman, Polres Pasaman Barat.

Kemudian Polres Pasaman, Polres Limapuluh Kota, Polres Tanahdatar, Polres Solok, Polres Solok Selatan, Polres Sawahlunto, Polres Dharmasraya, Polres Sijunjung dan Polres Kepulauan Mentawai.

“Ada tiga Polres di Sumbar yang tidak mendapatkan penambahan personel dari Polda Sumbar karena dipandang jumlah personel di sana sudah mencukupi hingga tahap pemungutan suara,” kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan.

Kombes Pol Dwi Sulistyawan melanjutkan, ribuan personel yang digeser (BKO) ke Polres-polres ini ada yang bertugas untuk pengamanan di TPS, atau standby di Polres maupun di Polsek.

Ia kembali mengajak seluruh masyarakat khususnya di Sumbar untuk bersama-sama bersinergi dalam menjaga kamtibmas pemilu yang aman dan kondusif.

“Sehingga pemilu di Indonesia dan khususnya di Sumbar dapat berjalan sukses, aman, damai, lancar dan sejuk sesuai harapan kita semua,” ajaknya.

Sebelumnya, Polda Sumbar menggelar apel pengecekan kesiapan pengamanan TPS Pemilu 2024 di lapangan apel Mapolda Sumbar, Selasa (7/2). Selain itu, juga diadakan simulasi pengamanan TPS pada saat pencoblosan surat suara Pemilu 2024.

Kombes Pol Dwi Sulistyawan menyebut, kegiatan itu bertujuan untuk melihat kesiapan personel dalam rangka pengamanan TPS pemilu 2024. Selain itu, juga diadakan simulasi pengamanan TPS sebagai bentuk kesiapan personel Polri dalam memberikan pengamanan saat pemungutan suara pada pemilu 2024 yang hanya hitungan hari.

“Simulasi ini sebagai bentuk kesiapan personel Polda Sumbar dalam pengamanan TPS pemilu 2024 yang hanya tinggal hitungan hari,” imbuhnya.

Kabid Humas yang juga sebagai Kasatgas Humas dalam Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024 berpesan kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan TPS agar tidak under estimate dalam situasi apapun pada saat pengamanan TPS.

Sementara Kabid Propam Polda Sumbar Kombes Pol Hidayat Asykuri Ginting juga menyampaikan pesan kepada seluruh personel Polda Sumbar yang terlibat dalam pengamanan TPS Pemilu 2024 agar tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun. (rid)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Agam Bebas dari Nagari Tertinggal

Cari Rumput, Kakek 75 Tahun Hilang di Nagari Tanjung, Sijunjung