in

Positif Covid-19, Sempat Shalat Idul Fitri di Kampung Halaman

Seorang warga Jorong Duriankapeh, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjungmutiara, Kabupaten Agam, terkonfirmasi positif terjangkit virus korona (Covid-19). Pasien tersebut berinisial IRJ, 20, seorang pedagang di Pasar Raya Padang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Agam, Khasman Zaini mengatakan, IRJ merupakan warga Agam yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah mengikuti swab test massal di Kota Padang. Yang bersangkutan masuk cluster Pasar Raya Padang.

“Informasi yang kita terima dari Dinas Kesehatan Agam, hasil positif swab test IRJ keluar hari pertama lebaran 1441 hijriah dan kemarin kembali dilakukan swab test,” sebut Khasman, Rabu (27/5).

Menurutnya, IRJ berdagang di Pasar Raya Padang bersama kakaknya. Diduga ia pernah kontak dengan warga yang positif Covid-19, karena di pasar itu banyak warga yang terpapar. Sehingga dilakukan swab test massal oleh tim GTP2 Covid-19 Kota Padang. “Kemarin (Selasa, red) IRJ sudah dibawa ke Bapelkes Padang untuk dirawat, yang diantar langsung oleh tim RSUD Lubukbasung,” katanya.

Mirisnya, sambung Khasman, IRJ sempat melakukan beragam kegiatan di kampung halaman. Bahkan ikut melaksanakan Shalat Idul Fitri di masjid dan bersilaturahmi ke rumah keluarga.

Setahu ia positif, GTP2 Covid-19 Agam langsung bergerak cepat untuk melakukan tracking terhadap siapa yang pernah kontak dengan IRJ, supaya tidak terjadi transmisi lokal. Melalui tracking, ada 58 orang yang kontak dengan IRJ termasuk jamaah masjid dilakukan swab test.

Puluhan warga yang menjalani swab test tersebut, merupakan teman dekat, keluarga dan jamaah masjid tempat IRJ melaksanakan ibadah. Hingga saat ini, kata Khasman, tracking masih dilaksanakan dan berkemungkinan ada penambahan warga yang akan dilakukan swab test, untuk memutus mata rantai Covid-19 dari cluster IRJ.

Menurut Khasman, mengingat hari pertama lebaran 1441 hijriah, IRJ aktivitasnya cukup padat. Bahkan ikut melaksanakan Shalat Idul Fitri dan bersilaturahmi ke rumah keluarga, sehingga tracking yang telah dilakukan cukup banyak, meliputi wilayah Tanjungmutiara dan juga ada dari Kecamatan Lubukbasung.

“Sepanjang Senin hingga Selasa dini hari kemarin, sudah dilakukan swab test di Puskesmas Tiku. Bagi warga yang sudah diambil swab test-nya, diminta untuk mengisolasikan diri di rumah sampai hasilnya keluar. Kita berharap tidak terjadi penambahan kasus di Agam,” sebut Khasman. (p)

The post Positif Covid-19, Sempat Shalat Idul Fitri di Kampung Halaman appeared first on Padek.co.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Disiplinkan Masyarakat saat PSBB, DPR Minta Kepolisian tetap Humanis

PSBB Sumbar Diperpanjang, Bukittinggi Terapkan New Normal