in

Presiden Moon: Belum Saatnya untuk Berikan Grasi bagi Dua Mantan Presiden

SEOUL – Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in, telah menyatakan pandangan negatif tentang grasi untuk mantan Presiden Lee Myung-bak dan Park Geun-hye, yang berada di penjara setelah dihukum karena korupsi dan tuduhan lainnya.

Dalam konferensi pers tahun baru yang disiarkan di televisi dari Kantor Kepresidenan Korsel Cheongwadae pada Senin (18/1), Moon mengatakan sangat disayangkan untuk melihat dua mantan presiden dipenjara, sembari mengkhawatirkan masalah kesehatan dan usia lanjut mereka.

“ Namun, Presiden Moon mengatakan masih belum saatnya untuk berbicara tentang grasi,” lapor kantor berita KBS, Senin.

Pernyataan tersebut datang beberapa hari setelah Mahkamah Agung Korsel mengonfirmasi hukuman penjara 20 tahun bagi Park karena penyuapan dan tuduhan korupsi lainnya. Hukuman penjara 17 tahun bagi Lee karena penggelapan dan menerima suap dari konglomerat juga diputuskan pada akhir Oktober tahun lalu.

Spekulasi tentang grasi untuk dua mantan presiden telah bermunculan sejak Ketua Partai Demokrat Korea, Lee Nak-yon, mengatakan pada awal bulan ini bahwa dia akan menyarankan grasi ke Presiden Moon atas nama persatuan nasional. KBS/I-1

What do you think?

Written by Julliana Elora

Basarnas Hentikan Sementara Penyelaman Puing Sriwijaya Air karena Cuaca Buruk

Kesulitan Mencari Tempat Download Video Lawas Gratis di Smartphone? Berikut Solusinya!