in

Prodi Magister Ilmu Kebencanaan Unsyiah Buka Program Kerjasama Beasiswa Gelar Ganda dengan Kobe University

Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (MIK) membuka kesempatan kuliah keluar negeri kepada mahasiswa yang mendaftar pada tahun akademik 2017-2018 melalui program kerjasama Double Degree antara MIK Unsyiah dan Kobe University. Dari hasil diskusi yang diadakan di Kobe dan Banda Aceh antara Tim Kobe University dan Tim Unsyiah menyepakati bahwa kerjasama beasiswa dalam bentuk program Gelar Ganda atau Double Degree. Program ini juga telah dipaparkan pada Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Jakarta oleh Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng Februari 2017 yang lalu.

Peserta program ini pada semester I mengikuti kuliah di Prodi MIK Unsyiah kemudian selanjutnya di Kobe University Jepang. Semester IV kembali di Prodi Magister Ilmu Kebencanaan untuk menyelesaikan sisa mata kuliah dan tesis. Proyek akhir berupa tesis nantinya akan dibimbing oleh supervisor dari Kobe University dan Unsyiah.
Mahasiswa peserta Double Degree Program harus menyelesaikan sejumlah mata kuliah pada semester pertama di Program Magister Ilmu Kebencanaan Unsyiah. 11 SKS di antaranya dapat diakui sebagai kredit transfer di Kobe University. Sedangkan pada semester kedua dan ketiga mahasiswa peserta Double Degree Program Magister Ilmu Kebencanaan UnsyiahKobe University diwajibkan menyelesaikan 13 SKS di Jepang pada beberapa program studi yang ditunjuk sesuai dengan latar belakang pendidikan S1 mahasiswa. Selain itu ada 2 SKS mata kuliah seminar dan 4 SKS tesis dalam topik teknik mitigasi bencana. Setelah menyelesaikan kuliah, lulusan akan diberikan dua gelar yaitu M.Si dari Unsyiah dan M. Eng dalam bidang kebencanaan dari Kobe University.

Pada akhir semester 1 mahasiswa yang berminat dengan program Double Gegree Unsyiah-Kobe University akan diseleksi kembali dengan wawancara dalam bahasa Inggris oleh tim seleksi dari kedua universitas. Peserta yang memenuhi syarat akan dikirimkan ke Kobe University setelah melalui proses pembekalan. Untuk dapat mengikuti program Double Degree tersebut, peserta diwajibkan mendaftar seperti biasa pada Prodi Magister Ilmu Kebencanaan Unsyiah. Jadwal pendaftaran sebagai mahasiswa Prodi Magister Ilmu Kebencanaan mulai 20 Maret sampai 12 Juli 2017.

Bagi calon mahasiswa dari luar daerah dapat mendaftar melalui website resmi Program Pascasarjana Unsyiah www.pps.unsyiah.ac.id. Metode pendaftaran untuk tahun 2017-2018 disediakan dua pilihan yaitu dengan mengikuti tes dan tanpa tes. Untuk seleksi tanpa tes peserta diwajibkan memiliki nilai TPA dari BAPPENAS dan Nilai TOEFL ITP.

Darussalam, 19 Juni 2017
Ketua Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Unsyiah,

Dr. Nazli, S.Si., M.Si
NIP. 197104212000031002

Komentar

What do you think?

Written by virgo

Titik Rawan Macet-Longsor jadi Fokus Perhatian

Buka Puasa Di Tembok Besar China