in

Produk Unggulan Limapuluh Kota Curi Perhatian di Apkasi Otonomi Expo 2022

UNGGULAN: Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo,
saat menyambut Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah memperlihatkan produk unggulan daerah, Jeruk Siam Gunuang Omeh dan Briket Arang Tempurung Kelapa.(IST)

Berpartisipasi pada Apkasi Otonomi Expo 2022, stand Kabupaten Limapuluh Kota di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center, Jakarta, mendapat apresiasi dari Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo dan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah. Apa saja produk daerah yang ditampilkan?

Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terpajang di stand mampu mencuri  perhatian Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo, sehingga menyambangi stand Limapuluh Kota dan disambut langsung Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo.

“Wah, ini jeruknya super, besar sekali,” ujar Wamendagri John Wempi Wetipo sambil memegang jeruk di stand Limapuluh Kota yang menarik perhatiannya dan seperti ingin mencicipi.

Mendapat respon positif itu, tentunya menjadi sebuah kebanggan bagi petani Limapuluh Kota. “Ini namanya jeruk Jesigo, produk buah-buahan unggul Limapuluh Kota, Pak Wamen,” jelas Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro menimpali respon Wamendagri seperti dikutip dari rilis Diskominfo Limapuluh Kota, Kamis (21/7).

Dialog ringan antara Wamendagri John Wempi Wetipo dengan Bupati Safaruddin terjadi di stand Limapuluh Kota sebagaimana dituturkan oleh Asisten I Setda, Herman Azmar. Komoditi jeruk siam dataran tinggi varietas Jeruk Siam Gunuang Omeh (Jesigo) termasuk buah unggul Sumatera Barat dengan sentra produksi di Kabupaten Limapuluh Kota.

Pada tahun 2021, tercatat luas kebun Jesigo 1.290,60 hektar dengan produksi 58.913,05 ton tersebar di lima kecamatan penghasil utama.  Kedatangan Wamendagri John Wempi Wetipo belakangan disusul oleh Gubernur Mahyeldi Ansharulah dan Bupati Pasaman, Benny Utama.

Kehadiran  pejabat tinggi negara dan Kementerian Dalam Negeri sontak membuat suasana stand Limapuluh Kota menjadi semarak.

Selama tak kurang dari sepuluh menit Wamendagri John Wempi Wetipo, Gubernur Mahyeldi, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin, Bupati Pasaman, Benny Utama disertai dua direktur jenderal di Kemendagri, yakni Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh dan Dirjen Keuangan Daerah, Agus Fatoni ngobrol santai di depan stand Limapuluh Kota.

Berbagai hal disampaikan oleh Wamendagri John Wempi Wetipo, terutama bagaimana perekonomian daerah, terutama mendorong bangkitnya sektor UMKM pasca Pandemi Covid-19.

“Terima kasih Pak Bupati atas partisipasi dan keikutsertaan Limapuluh Kota di Apkasi Otonomi Expo ini, mari kita terus tumbuhkembangkan UMKM di daerah,” ujar Wamendagri John Wempi Wetipo sesaat sebelum beranjak dari stand Limapuluh Kota.

“Terima kasih Pak Wamen atas kunjungannya,” balas Bupati Safaruddin. Uniknya, Wamendagri John Wempi Wetipo juga menenteng dan membawa buah jeruk kebanggan Limapuluh Kota, Jesigo ketika meninggalkan stand Limapuluh Kota. Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Mendagri Tito Karnavian membuka Apkasi Otonomi Expo 2022. (***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Rasul Hamidi Dt Saridano Meninggal Dunia, Masyarakat Dharmasraya Berduka

Gugus Tugas Bisnis HAM, Penentu Penerapan Nilai-nilai HAM di Sektor Bisnis