in

Produksi Gabah di Aceh Utara Meningkat, Kadistanbun : Ini Luar Biasa

ACEHTREND,CO, Lhoksukon– Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, Drs Hasanuddin Darjo mengapresiasi peningkatan hasil produksi gabah di Kabupaten Aceh Utara.

Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri kegiatan panen raya di persawahan Gampong Trieng, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (15/11/2017).

Dalam sambutannya, Hasanuddin Darjo juga menyampaikan terimakasih atas kerjasama semua lini baik penyuluh pertanian, mantri tani kecamatan, PHP POPT, bersama kelompok tani sehingga target produksi dan produktivitas tercapai.

Sebagaimana hasil perkiraan di lokasi panen tersebut mencapai 8,1 ton per hektar, bila dibandingkan dengan target rata-rata produksi padi di Aceh Utara hanya 5,3 ton per hektar.

“Ini capaian yang luar biasa dan patut diapresiasi semua pihak dan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Utara khususnya bapak Bupati atas dukungan pembangunan pertanian di wilayahnya,” ujar Hasanuddin Darjo.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara, Ir. Syarifuddin, menurutnya saat ini Aceh Utara menjadi Kabupaten pemasok benih padi ke kabupaten-kabupaten lainnya di Aceh, dan kedepannya diharapkan adanya penambahan luas tanam untuk meningkatkan hasil.

“Kami harapkan untuk kedepan dapat ditingkatkan lagi hasil produksinya dengan cara mengikuti teknologi dan anjuran dari penyuluh pertanian dalam berbudidaya menjadi tepat, kemudian memanfaatkan balai penyuluhan pertanian sebagai tempat pelajaran dalam mengadopsi teknologi terbaru untuk menuju peningkatan produksi dan swasembada pangan,” ungkapnya.

Di sela-sela kegiatan itu, Dandim meminta semua pihak bekerja sama dan bersinergi untuk menyukseskan program swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah beberapa waktu yang lalu.

Lanjut, apabila petani merasa kesulitan atau kerepotan dalam mengelolah lahan, masa pembibitan, perawatan, masa panen sampai menjual dan membawa padinya, silahkan telepon Babinsa mereka akan segera datang membantu petani.

“Tinggal telepon Babinsa, Isya Allah masalah akan teratasi, kalau ada Babinsa yang tidak mau membantu petani silahkan laporkan kepada saya,” tegas Letkol Fadjar.

Kegiatan panen raya tersebut turut dihadiri oleh Staf ahli Menteri Pertanian Bidang Lingkungan Ir. Mukti Sarjono, Msc, Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh, Drs. Hasanuddin Darjo, MM, Staf ahli Bupati Aceh Utara bidang ekonomi Mawardi, Pasintel Lanal Lse Kapten Laut (T) Wuriyanto S dan Muspika Tanah Luas.[]

Komentar

What do you think?

Written by Julliana Elora

Driver GoJek Diduga Dianiaya

Dyah Erti Buka Sosialisasi Pahlawan Nasional Keumalahayati