in

Rafiq Minta Dinas Pantau Harga Barang

Sayuran: Pedagang sayuran di Pasar Puan Maimun, Karimun membenahi dagangannya beberapa waktu lalu. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq menginstruksikan Dinas terkait untuk memantau perkembangan harga barang di seluruh pasar. Bahkan, diminta memantau ketersediaan sayur dan sembako sampai tingkat pengecer.

”Memang ada kenaikan harga sayuran dan sembako. Tetapi kenaikannya tidak terlalu tinggi dan stok barang masih tersedia,” kata Aunur Rafiq, Senin (9/1).

Ia menyampaikan, suah menjadi hukum pasar ketika permintaan meningkat dan pasokan barang kurang harga menjadi naik. Ia menjamin dalam beberapa hari ke depan pasokan barang ke Karimun akan lancar seperti semula dan harga kembali normal.

Perkembangan harga pasar akan dilaporkan setiap pekan, termasuk barang yang kurang stok. Khusus untuk sembako dapat berkoordinasi dengan pihak distributor. Apa penyebab pasokan berkurang atau penyebab kenaikan harga.

”Apakah dampak dari awal tahun atau karena faktor lain sedang dikaji,” tambah Rafiq.

Pantauan Tanjungpinang Pos di Pasar Puan Maimun, harga sayur kol per kilogram Rp 14.000, cabai merah Rp 65.000 per kilogram, cabai rawit Rp 68.000 per kilogram turun dari harga sebelumnya Rp 90.000 per kilogram.

Bawang merah Rp 14.000 per kilogram, kentang Rp 12.000 per kilogram dan harga sayuran lainnya naik Rp 1.000 per kilogram.

”Kenaikan harga diawal tahun sudah menjadi biasa, yang perlu diawasi pemerintah adalah penimbunan barang dan distribusi barang lancar sampai ke Pulau sehingga tidak sempat kosong dan harga naik, untuk memenuhi pasokan barang sembako dan sayuran, pedagang mendatangkan barang dari Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Pulau Jawa,” terang Ujang pedagang di Karimun. (yon)

What do you think?

Written by virgo

Kala Siswi SMP dan Tukang Mandi Keringat…

Gempa 7,3 SR Terjadi Dekat Sangihe, Tak Berpotensi Tsunami